PLN NTT sebut sudah 126 KK terima Program Listrik Gratis

id NTT,PLN NTT, Light Up The Dream,Kota Kupang

PLN NTT sebut sudah 126 KK terima Program Listrik Gratis

Petugas PLN berpose dengan salah seorang wanita separuh baya yang menerima program Light Up The Dream di Flores. ANTARA/Ho-Humas PLN NTT

...Program penyambungan listrik secara gratis ini berasal dari donasi pegawai PLN yang diharapkan mampu mewujudkan mimpi keluarga prasejahtera untuk mendapatkan sambungan listrik
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur melaporkan bahwa selama empat bulan terakhir sebanyak 126 kepala keluarga (KK) di tiga kabupaten di provinsi berbasis kepulauan itu telah menikmati listrik gratis melalui Program Light Up The Dream.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur I Gede Agung Sindu Putra kepada wartawan di Kupang, Rabu, (6/3/2024) mengatakan bahwa Program Light Up The Dream merupakan wujud nyata komitmen dan kepedulian insan PLN dalam mewujudkan energi berkeadilan serta pemerataan akses listrik ke seluruh pelosok negeri ini.

"Program penyambungan listrik secara gratis ini berasal dari donasi pegawai PLN yang diharapkan mampu mewujudkan mimpi keluarga prasejahtera untuk mendapatkan sambungan listrik," katanya.

Dia menyebutkan bahwa 126 warga di tiga kabupaten yang mendapatkan program itu tersebar di Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata.

I Gede Agung Sindu Putra juga menambahkan bahwa program tersebut telah menyentuh seluruh masyarakat di NTT, dan akan terus berkembang pada tahun 2024 ini.

Sebab menurut dia, hadirnya listrik dapat mendorong perekonomian keluarga dan dapat memberikan dampak positif dan berkah bagi masyarakat.

Manajer PT PLN (Persero) UP3 Flores Bagian Timur, Rully Agus Widanarto menjelaskan program ini juga menjadi bentuk komitmen PLN dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) di NTT dengan tujuan agar dapat mendorong perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

“PLN hadir karena listrik menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, dengan kehadiran teman-teman pegawai PLN di masyarakat akan memberikan sumbangsih yang berarti utamanya bagi yang belum menikmati listrik agar bisa hidup lebih sejahtera,” ujar Rully.

Rully berharap program wujud kepekaan sosial insan PLN ini terus berlanjut sehingga semakin banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca juga: Kapolres Belu beri bantuan penerangan untuk warga di pedalaman
Baca juga: PLN NTT berhasil listriki dua desa dan satu dusun di Kabupaten Manggarai
Baca juga: Pohon tumbang timpa tiang listrik di Kecamatan Sano Nggoang, Mabar
Baca juga: PT PLN resmikan stasiun pengisian hidrogen pertama di Indonesia


Pada tahun 2023, Program Light Up The Dream dapat membantu 455 keluarga di NTT untuk menikmati listrik dari PLN dan program tersebut pun telah memberikan manfaat bagi para penerimanya.