Kapal pengangkut logistik dilaporkan tenggelam di Labuan Bajo

id Kapal tenggelam, Labuan Bajo, Tim SAR Gabungan, Manggarai Barat, Kepala Kantor Basarnas Maumere, Supriyanto Ridwan

Kapal pengangkut logistik dilaporkan  tenggelam di Labuan Bajo

Tim SAR Gabungan mengevakuasi seorang penumpang kapal pengangkut logistik yang tenggelam di Perairan Seture Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (9/3/2024). (ANTARA/HO-Kantor Basarnas Maumere)

...Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan kapal ini, kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Sabtu, (9/3/2024).
Labuan Bajo (ANTARA) - Kapal pengangkut logistik yang memuat sebanyak empat orang penumpang tenggelam di Perairan Seture Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan kapal ini," kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Sabtu, (9/3/2024).
 
Supriyanto menjelaskan pada pukul 16.30 Wita Tim Pos SAR Manggarai Barat menerima informasi terjadi kecelakaan kapal di Perairan Seture Labuan Bajo yang berjarak sekitar 2.73 mil laut dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

Ia menjelaskan kapal itu melakukan pelayaran untuk menguji coba mesin kapal yang baru dipasang. Kapal bergerak dari Perairan Binongko Labuan Bajo menuju Pulau Bidadari Labuan Bajo.
 
Saat melintasi perairan antara Pulau Bidadari dan Pulau Seture, lanjut dia, kapal dihantam angin kencang dan gelombang sekitar 2-3.5 meter yang menyebabkan kapal kandas dan tenggelam.
 
"Seluruh penumpang mengandalkan pelampung dan jeriken menuju Pulau Seture untuk menyelamatkan diri," jelasnya.
 
Tim SAR Gabungan yang menggunakan alat Rigid Inflatable Boats (RIB) SAR Manggarai Barat dan Sea Rider KSOP Labuan Bajo tiba di Pulau Seture sekitar pukul 17.10 Wita dan mengevakuasi para korban.

"Kami evakuasi empat penumpang tersebut menuju Pelabuhan KSOP Labuan Bajo, kondisi seluruh penumpang saat dievakuasi cukup lemas," katanya.

Baca juga: BPOLBF luncurkan TIC sajikan informasi pariwisata terpercaya

Baca juga: Pemda Mabar catat 1.497 pelamar di Job Fair Labuan Bajo

Baca juga: BPOLBF paparkan 46 event tahun 2024 di Floratama