Desa Podenura menjadi Desa Cinta Statistik di Nagekeo

id Desa cinta statistik, desa cantik, bps, pmd, nagekeo, podenura, statistik, ntt

Desa Podenura menjadi Desa Cinta Statistik di Nagekeo

Pencanangan Desa Podenura di Nagekeo, NTT sebagai Desa Cinta Statistik, Senin (22/4/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Dengan adanya Desa Cantik yang dicanangkan oleh Badan Pusat Statistik bisa meningkatkan kesadaran dan peran aktif pemerintah desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik...
Kupang (ANTARA) - Desa Podenura di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dicanangkan sebagai Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur desa tentang statistik.

"Dengan adanya Desa Cantik yang dicanangkan oleh Badan Pusat Statistik bisa meningkatkan kesadaran dan peran aktif pemerintah desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PMDP3A) Kabupaten Nagekeo Sales Ujang Dekresano ketika dihubungi dari Kupang, Minggu, (28/4/2024).

Sebagai ujung tombak pembangunan, kebijakan pemerintah desa akan efektif apabila data yang dihasilkan tepat, benar, dan berkualitas.

Ia mengatakan, dengan banyaknya data yang ada di masyarakat, aparat desa akan dilatih agar bisa mengolah data tersebut dengan baik.

"Pemahaman yang baik dari aparat desa itu pula akan menjaga kualitas data statistik yang ada," katanya.

Menyrut dia, dngan data yang akurat proses perencanaan dan penganggaran di desa bisa tepat sasaran," ucapnya.

Sekretaris Desa Podenura Selvianus Waka mengatakan pihak desa berkomitmen untuk memaksimalkan perangkat desa dan para pelaku program untuk mengumpulkan data dan kemudian menyajikannya menjadi data statistik.

Ia mengatakan Desa Podenura berkomitmen untuk memperbaharui data statistik desa yang lengkap dan juga dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk mewujudkan desa yang paham dengan statistik, desa pun membutuhkan pembinaan atau pendampingan untuk mengumpulkan dan menyajikan data statistik desa.

"Kelak desa mampu menyajikan data yang akurat untuk menjadi dasar penentuan kebijakan pembangunan desa," kata Selvianus.

Pencanangan Desa Podenura di Kecamatan Nangaroro sebagai Desa Cinta Statistik telah dilakukan pada Senin (22/4).

Kepala BPS Nagekeo Angela Regina Maria Wea dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang berharap keterlibatan semua pihak untuk menyukseskan program tersebut.

Baca juga: BPS Mabar gelar pembinaan statistik sektoral

BPS pun melakukan proses pembinaan dan pendampingan meliputi pengelolaan manajemen data serta proses penyelenggaraan statistik.

Baca juga: BPS Nagekeo pastikan data pertanian akurat lewat Sensus Pertanian

BPS Kabupaten Nagekeo berharap pemerintah desa mampu meningkatkan kualitas data sektoral secara mandiri lewat program itu.