Badan Geologi sebut aktivitas gempa Gunung Lewotobi Laki-laki fluktuatif

id badan geologi,pvmbg,flores,flores timur,lewotobi laki laki,kementerian esdm,gunung ntt,gunung api,gunung meletus

Badan Geologi sebut aktivitas gempa Gunung Lewotobi Laki-laki fluktuatif

Visual Gunung Lewotobi Laki-laki, di Flores Timur, NTT, Selasa (21/5/2024) pukul 02.00 WITA. (ANTARA/HO-Badan Geologi)

...Pengaruh kemiringan lereng dan suhu lava yang masih tinggi masih memungkinkan lava bergerak, meskipun perlahan
Rote (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut aktivitas visual dan kegempaan pada Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih fluktuatif.

"Aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki masih fluktuatif, itu ditandai oleh erupsi yang hampir setiap hari terjadi, tapi intensitas rendah," kata Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Badan Geologi, Zakarias Ghele Raja ketika dihubungi dari Rote, Selasa, (21/5/2024).

Berdasarkan pengamatan pada periode 1-15 Mei 2024, tinggi kolom erupsi rata-rata 100-200 meter dari puncak gunung. Selain itu pergerakan guguran lava cukup lambat, yang terlihat dari tidak adanya perubahan yang signifikan pada aliran lava di ujung timur laut.

"Pengaruh kemiringan lereng dan suhu lava yang masih tinggi masih memungkinkan lava bergerak, meskipun perlahan," katanya.

Lebih lanjut ia menyebut gempa-gempa pada periode itu terdapat kenaikan signifikan pada jumlah gempa erupsi dan hembusan, tapi tidak terekam gempa guguran. Namun, ia menyebut ada kenaikan gempa vulkanik yang signifikan disebabkan pergantian stasiun acuan.

"Sebelumnya stasiun acuan adalah KLT, tapi ada perbaikan stasiun WLR, sehingga bisa merekam lebih baik," ucapnya.

Ia menjelaskan Badan Geologi masih mempertahankan tingkat aktivitas gunung itu pada Level II atau Waspada.

Badan Geologi juga memberi rekomendasi agar masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki, pengunjung, dan wisatawan, tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius dua km dari pusat erupsi.

Imbauan yang sama juga berlaku untuk sektoral tiga km pada arah Utara-Timur Laut dan lima km pada sektor Timur Laut.

Baca juga: Badan Geologi rekam kejadian gempa tremor menerus di Gunung Ile Lewotolok

Baca juga: Menhan Prabowo monitor percepatan penanganan banjir lahar dingin Gunung Marapi


"Masyarakat yang terdampak hujan abu dapat memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan," kata Zakarias.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Badan Geologi: Gunung Lewotobi Laki-laki erupsi hampir tiap hari