BPBD Manggarai minta warga waspadai hujan lebat

id BPBD Manggarai, NTT, cuaca buruk, hujan, Manggarai, Ruteng

BPBD Manggarai minta warga waspadai hujan lebat

Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Stefanus Tawar. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

"Peringatan kewaspadaan ini perlu untuk mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak ada korban jiwa...
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), meminta warga agar mewaspadai potensi hujan deras yang dapat menyebabkan banjir atau longsor.
 
"Peringatan kewaspadaan ini perlu untuk mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak ada korban jiwa," kata Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Stefanus Tawar dihubungi dari Labuan Bajo, Rabu, (31/7).
 
Kewaspadaan, kata dia, perlu ditingkatkan bagi warga yang tinggal di daerah perbukitan. "Masyarakat agar selalu waspada jika terjadi hujan lebat, terlebih untuk masyarakat yang mendirikan rumah di lereng bukit."
 
Ia menyampaikan hal tersebut menyusul peristiwa tanah longsor akibat hujan deras yang terjadi di Dusun Maras Desa Blang Turi, Kecamatan Ruteng.
 
Akibat kejadian pada Selasa (30/7) tersebut, tembok belakang rumah milik seorang warga jebol di hantam longsor, peralatan dapur hancur, serta dinding kamar mengalami retak.
 
Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga pada dua kabupaten di Provinsi NTT untuk mewaspadai potensi hujan lebat hingga beberapa hari ke depan.
 
"Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat harus waspada dampak hujan lebat hingga 1 Agustus," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang Sti Nenotek di Kupang, Selasa (30/7).
 
Ia menjelaskan hujan lebat diprakirakan dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor pada dua wilayah itu. Selain itu dampak lain yang ditimbulkan seperti jalanan licin dan jembatan tidak bisa dilintasi.
 
Sti mengingatkan warga yang bermukim di daerah tebing yang terjal atau curam untuk waspada dengan ancaman longsor saat hujan turun dengan durasi yang lama.

Baca juga: Waspadai potensi banjir awal Agustus di tengah dan timur Indonesia, kata BNPB
 
Ia juga berpesan agar warga yang menetap di bantaran sungai untuk memperhatikan hal serupa.

Baca juga: Badan Geologi imbau warga waspada banjir lahar Gunung Lewotobi laki-laki
 
Lebih lanjut ia menyarankan warga untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, jika tidak terlalu mendesak saat hujan deras. "Selalu berhati-hati dan waspada," ucap Sti.*