Surel berisikan ancaman bom dikirimkan ke 100 organisasi Yahudi di Kanada

id kanada,ancaman bom kanada,yahudi,bom

Surel berisikan ancaman bom dikirimkan ke 100 organisasi Yahudi di Kanada

Ilustrasi - Bendera Kanada (ANTARA/Anadolu)

...Mereka ingin menakut-nakuti dengan cara yang cukup emosional, cukup visual. Dengan merujuk hal-hal yang menjijikkan, tujuannya adalah untuk mengintimidasi agar komunitas Yahudi tidak merasa aman di tempat yang seharusnya merasa aman, kata Julien C

Trenton, Kanada (ANTARA) - Email atau surat elektronik (surel) yang berisi ancaman bom diterima pada Rabu (21/8) oleh lebih dari 100 sinagoge, organisasi Yahudi, serta rumah sakit di kota-kota berpenduduk padat di Kanada seperti Toronto, Montreal, dan Ottawa.

Kepolisian Ottawa ditempatkan di beberapa rumah sakit, tetapi Kepolisian Kerajaan Kanada (RCMP) memimpin penyelidikan di seluruh Kanada, kata kepolisian Ottawa kepada CBC News.

Organisasi Yahudi B’nai Brith mengatakan bahwa surel yang diterima pada Rabu pagi berisi ancaman ledakan di kantor mereka di Montreal dan Toronto. Kepolisian Montreal kemudian menyelidiki dan memeriksa kantor-kantor tersebut.

“Tim tidak mendeteksi ancaman langsung apa pun,” kata Polisi Montreal, Sabrina Gauthier.

Di Ottawa, sebuah email telah diterima oleh Rumah Sakit Queensway Carleton dan pencarian mendetail telah dilakukan tetapi tidak ada yang ditemukan, kata juru bicara polisi.

Layanan Kepolisian Toronto (TPS) membenarkan adanya ancaman yang dibuat melalui surel ke organisasi-organisasi Yahudi di seluruh Kanada.

Namun, setelah melakukan penggeledahan gedung, petugas kepolisian tidak menemukan alat peledak.

“Hari ini, TPS mendatangi gedung-gedung...untuk ancaman bom. Gedung-gedung dievakuasi sebagai tindakan pencegahan dan dikosongkan,” tulis TPS di X.

Juru bicara organisasi advokasi Yahudi, Federation CJA, Julien Corona, mengatakan bahwa tujuan dari surel tersebut untuk menanamkan rasa takut pada komunitas Yahudi Kanada.

“Mereka ingin menakut-nakuti dengan cara yang cukup emosional, cukup visual. Dengan merujuk hal-hal yang menjijikkan, tujuannya adalah untuk mengintimidasi agar komunitas Yahudi tidak merasa aman di tempat yang seharusnya merasa aman,” kata Julien Corona.

Corona menegaskan bahwa ancaman bom tersebut tidak dapat diterima dan menilainya sebagai bukti meningkatnya antisemitisme di negaranya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengungkapkan kemarahannya atas laporan bahwa lebih dari 100 lembaga Yahudi di seluruh Kanada menerima email berisi ancaman bom.

"Saya muak dengan laporan bahwa lebih dari 100 lembaga Yahudi di seluruh Kanada menjadi sasaran ancaman hari ini. Ini adalah antisemitisme yang terang-terangan," tulis Trudeau di X.

Sumber : Anadolu

Baca juga: AS kecam Israel atas rencana perluasan permukiman Yahudi
Baca juga: Negara Eropa minta Israel hentikan perluasan permukiman di tengah ketegangan
Baca juga: PM Israel bilang Putin minta maaf atas pernyataan Hitler keturunan Yahudi

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Surel berisi ancaman bom dikirimkan ke 100 lembaga Yahudi di Kanada