Kanim Atambua - Pemkab TTU bahas pemanfaatan Pos Imigrasi Aplasi

id NTT,Kota Kupang,IMigrasi Atambua

Kanim Atambua - Pemkab TTU bahas pemanfaatan Pos Imigrasi Aplasi

Bupati TTUĀ Juandi David (kiri) dan Kakanim Atambua Indra Maulana Damyati . ANTARA/Ho-Imigrasi Atambua

...Hari ini dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama terkait revitalisasi pemanfaatan Pos Imigrasi di Aplasi, kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana diĀ Atambua, Kamis, (5/9)
Kupang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Atambua Kabupaten Belu bersama Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara, Kamis, bertemu bersama untuk membahas mengenai revitalisasi pemanfaatan Pos Imigrasi di Aplasi yang berbatasan dengan Timor Leste.

"Hari ini dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama terkait revitalisasi pemanfaatan Pos Imigrasi di Aplasi," kata Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana di Atambua, Kamis, (5/9).

Dia berharap kerja sama ini dapat meningkatkan pelayanan imigrasi di wilayah perbatasan serta memudahkan pengawasan dan pengelolaan pergerakan orang di perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Selain membahas soal pemanfaatan Pos Imigrasi, pertemuan tersebut juga membahas soal isu keimigrasian di wilayah perbatasan dan kolaborasi lintas sektor.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga membahas soal kunjungan peziarah asal Nusa Tenggara Timur ke Dili, Timor Leste, dalam rangka kedatangan Paus Fransiskus.

Pada kesempatan sama, Bupati Timor Tengah Utara Juandi David juga menandatangani surat dukungan terhadap upaya peningkatan status Kantor Imigrasi Atambua menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Atambua.

Dukungan itu diharapkan dapat memperkuat peran Kantor Imigrasi Atambua dalam melayani masyarakat, terutama dalam hal pengawasan keimigrasian di daerah perbatasan.

Baca juga: Imigrasi Atambua catat terjadi peningkatan pembuatan paspor jelang kunjungan Paus

“Kunjungan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat kerjasama antara Kantor Imigrasi Atambua dan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara. Dengan adanya dukungan penuh dari bupati, kami optimis dapat meningkatkan kualitas pelayanan imigrasi, khususnya dalam mendukung aktivitas masyarakat di wilayah perbatasan,” ujar ujar dia.

Baca juga: Ditjen Imigrasi dan Kumham NTT tinjau kesiapan di PLBN Mota Ain jelang kunjungan Paus

Dia juga berharap agar pertemuan ini menjadi awal yang baik dalam memperkuat sinergi antara instansi Imigrasi dan pemerintah daerah, serta memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keamanan dan kelancaran pergerakan orang di perbatasan.