Sebelum pukul 24.00 WITA, pendistribusian logistik pemilu sudah selesai

id logistik pemilu ntt

Sebelum pukul 24.00 WITA, pendistribusian logistik pemilu sudah selesai

Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu (tengah) didampingi empat komisioner KPU NTT ketika memberikan keterangan kepada wartawan terkait masalah logistik Pemilu 2019 pada Selasa, (16/4) malam. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

KPU NTT memastikan distribusi logistik pemilu 2019 ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) akan selesai sebelum pukul 24.00 WITA malam ini.
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur memastikan distribusi logistik pemilu 2019 ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) akan selesai sebelum pukul 24.00 WITA malam ini.

"Posisi hingga pukul 19.30 malam ini, tinggal beberapa daerah yang belum selesai, tetapi kami bisa memastikan bahwa sebelum pukul 24.00 WITA, semua sudah terdistribusikan," kata Ketua KPU Provinsi NTT, Thomas Dohu di Kupang, Selasa (16/4) malam.

Thomas Dohu yang didampingi empat komisioner KPU NTT  memberikan penjelasan kepada wartawan terkait perkembangan pemenuhan kekurangan logistik surat suara dan proses pendistribusian ke KPPS.

Menurut dia, kekurangan logistik untuk NTT yang berjumlah hampir satu juta lembar itu diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia dan Hercules.

Kekurangan logistik yang tiba terakhir adalah untuk Pulau Sumba yakni pada Selasa, (16/4) pukul 14.00 WITA. Logistik ini dikirim melalui Bandara Tambolaka, dan langsung diambil petugas dan didistribusikan.

Untuk wilayah Sumba, dia mengatakan, hanya Sumba Barat Daya yang belum selesai distribusi karena terkendala hujan. Begitupun di wilayah barat Pulau Flores.

"Tetapi kami optimistis bahwa semua kekurangan logistik sudah siap di KPPS untuk kepentingan pemungutan suara pada Rabu, 17 April 2019," kata Thomas Dohu.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten/kota, untuk memastikan bahwa seluruh logistik pemilu telah terdistribusi dan siap digunakan. 

Baca juga: Kapal perang mendistribusi logistik Pemilu ke pulau terluar NTT
Baca juga: Sebagian besar kekurangan logistik pemilu sudah tiba