Ribuan umat Islam Shalat Idul Fitri di Makorem Wirasakti

id Shalat Ied di Kupang

Ribuan umat Islam Shalat Idul Fitri di Makorem Wirasakti

Ribuan umat Islam menggelar Shalat Id di Markas Komando Resort Militer (Korem) 161/Wirasakti di Kota Kupang, Rabu (5/6). (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

Ribuan umat Islam menggelar Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di Lapangan Markas Komando Resort Militer (Makorem) 161/Wirasakti Kupang, Rabu (5/6).
Kupang (ANTARA) - Ribuan umat Islam menggelar Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di Lapangan Markas Komando Resort Militer (Makorem) 161/Wirasakti Kupang di Kota Kupang, Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/6).

Pantauan Antara, ribuan umat dari kalangan dewasa maupun anak-anak memadati Lapangan Makorem di Jalan WJ Lalamentik, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, untuk melaksanakan Shalat Ied sekitar pukul 06.15 WITA.

Sejumlah aparat keamanan TNI-Polri bersama para pemuda lintas agama menyebar di sekitar lapangan untuk menjaga kelancaran dan keamanan selama jamaah melaksanakan ibadah.

Shalat Ied yang berlangsung selama sekitar lebih dari satu jam berlangsung aman dan lancar, dipimpin khatib dan imam Haji Ismail Dean.

Lapangan Makorem 161/Wirasakti Kupang merupakan salah satu dari sembilan titik pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di ibu kota provinsi berbasiskan kepulauan ini.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kupang Ambo pada kesempatan terpisah mengatakan Shalat Ied digelar di beberapa tempat di antaranya Lapangan Markas Polda NTT, Lapangan Satuan Brimob Polda NTT, dan Lapangan TNI-AU.

Baca juga: 150 personel Polda NTT disiagakan amankan Idul Fitri 1440 H

Selain itu, Masjid Nurul Hikmah Tenau, Masjid Raya Nurussa'adah Kota Kupang, halaman parkiran Lippo Plaza, dan Lapangan Kantor Wali Kota Kupang.

Dengan pertimbangan banyaknya umat Islam yang melaksanakan Shalat Ied maka pihaknya juga merekomendasikan sekitar sembilan masjid di berbagai tempat di daerah itu menyelenggarakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah.

Sejumlah masjid itu, di antaranya Masjid Darul Hijrah BTN Kolhua, Masjid Al Iklas Lasiana, Masjid Oesapa, Masjid Al Fitra Oesapa, Masjid Kelapa Lima, Masjid Al Fattah Bonipoi, Mesjid Kampung Solor, Masjid Lasikode, dan Masjid KH Ahmad Dahlan.

Ia berharap umat Islam setempat dapat menggelar Shalat Ied dengan tenang dan lancar serta merayakan Idul Fitri dalam suasana hikmat serta penuh persaudaraan.

Baca juga: BI NTT siapkan Rp2,8 triliun untuk kebutuhan Idul Fitri 2019
Baca juga: 300 personel Polres Kupang Kota amankan malam takbiran