ASDP buka kembali penyeberangan Kupang-Deri

id warga adonara

Pelabuhan Deri di Kecamatan Ile Boleng, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Warga Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur mengapresiasi manajemen PT ASDP untuk membuka kembali rute pelayaran pada lintasan penyeberangan Kupang-Deri di Pulau Adonara.
Kupang (ANTARA) - Warga Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengapresiasi manajemen PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), untuk membuka kembali rute pelayaran pada lintasan penyeberangan Kupang-Deri di Pulau Adonara.

"Kami masyarakat Adonara berterima kasih dan mengapresiasi hadirnya layanan feri yang menghubungkan Pulau Adonara dengan Kupang," kata Bernadus Lamablawa, warga Pulau Adonara yang dihubungi dari Kupang, Rabu (3/7), terkait rencana ASDP Kupang untuk membuka lintasan penyeberangan Kupang-Deri mulai bulan ini.

Menurut dia, lintasan penyeberangan ini sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat yang menghuni Pulau Adonara, karena akan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dari dan ke pulau itu.

"Selama ini kalau kami mau ke Kupang harus ke Larantuka atau Lewoleba terlebih dahulu, dan ini membutuhkan biaya yang sangat besar, karena harus menyewa kendaraan darat dan laut untuk sampai ke pelabuhan penyeberangan," katanya.

Karena itu, dengan adanya layanan ini, selain memberikan kemudahan akses, tentunya juga akan memudahkan warga memasarkan hasil-hasil bumi di Kota Kupang, dan sebaliknya.

Baca juga: ASDP buka rute pelayaran Bolok-Deri

Warga Adonara lainnya, Adam Jaya mengatakan, dengan adanya layanan pada lintasan penyeberangan itu, maka Dermaga Feri yang telah dibangun di Pulau itu dapat dimanfaatkan untuk melayani masyarakat dan tidak dibiarkan mubazir.

"Kami tentu sangat gembira dengan adanya layanan tersebut, karena selama ini masyarakat merasa sangat sulit bepergian karena kesulitan akses transportasi laut, padahal ada Dermaga Feri yang dibangun di Pulau Adonara," katanya.

PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang, mulai Juli ini membuka rute pelayaran pada lintasan penyeberangan Pelabuhan Bolok Kupang-Pelabuhan Deri di Pulau Adonara, Flores Timur, PP.

"Pembukaan rute pelayaran ini dilakukan sebagai respon atas permintaan masyarakat dari Pulau Adonara, setelah terhentinya pengoperasian kapal feri oleh PT Flobamora pada lintasan tersebut, selama sekitar satu tahun terakhir ini," kata Manager Usaha PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Hermin Welkis.

Baca juga: ASDP Kupang tambah jadwal pelayaran ke Aimere dan Waingapu
Baca juga: Lintasan penyeberangan Kupang-Sabu masih ditutup
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar