ASDP buka rute pelayaran Bolok-Deri

id pelayaran ASDP

Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang Hermin Welkis. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

PT. ASDP Cabang Kupang mulai Juli ini membuka rute pelayaran pada lintasan penyeberangan Pelabuhan Bolok Kupang-Pelabuhan Deri di Pulau Adonara, Flores Timur, pergi pulang (PP).
Kupang (ANTARA) - PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang mulai Juli ini membuka rute pelayaran pada lintasan penyeberangan Pelabuhan Bolok Kupang-Pelabuhan Deri di Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pergi pulang (PP).

"Pembukaan rute pelayaran ini dilakukan sebagai respon atas permintaan masyarakat dari Pulau Adonara, setelah terhentinya pengoperasian kapal feri oleh PT Flobamora pada lintasan tersebut, selama sekitar satu tahun terakhir ini," kata Manager Usaha PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Hermin Welkis kepada ANTARA di Kupang, Rabu (3/7).

"Perusahan telah mengambil keputusan untuk melayani rute tersebut, sebagai respon atas keluhan para pengguna jasa pelayaran dari Pulau Adonara, yang secara terus menerus disampaikan kepada manajemen," katanya.

Lintasan penyeberangan Kupang-Lewoleba-Deri selama ini dilayani kapal feri milik PT Flobamora, perusahan milik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menggunakan KMP Ile Boleng.

Namun, sejak sekitar satu tahun terakhir ini, kapal tersebut sudah tidak lagi melayani lintasan penyeberangan tersebut, dan telah dialihkan untuk melayani lintasan penyeberangan lain di wilayah NTT.

Baca juga: ASDP Kupang tambah jadwal pelayaran ke Aimere dan Waingapu

Hermin Welkis menambahkan, pelayaran pada lintasan penyeberangan itu akan dilakukan dua kali sepekan, yakni berangkat dari Pelabuhan Bolok Kupang setiap hari Selasa dan Kamis pukul 12.00 WITA.

Kapal tersebut kata dia, akan bertolak dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju Pelabuhan Deri di Pulau Adonara dengan menyinggahi terlebih dahulu Pelabuhan Lewoleba di Kabupaten Lembata. "Nanti rute pelayarannya dari Kupang-Lewoleba-Deri setiap Selasa dan Kamis, sedangkan dari Deri-Lewoleba-Kupang setiap Sabtu dan Minggu," katanya.

Dia mengatakan, dengan adanya pembukaan kembali rute pelayaran ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, baik dari Pulau Adonara maupun Lembata untuk membawa hasil pertanian untuk dijual di Kupang dengan harga yang lebih baik.

Baca juga: ASDP hentikan sementara pelayaran ke Sabu
Baca juga: ASDP Kupang masih berlakukan sistem buka tutup pelayaran Kupang-Rote
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar