Menkominfo Jhony Plate tinjau akses internet BAKTI di NTT

id Labuan Bajo

Menkominfo Jhony Plate tinjau akses internet BAKTI di NTT

Menkominfo Jhony G Plate saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu (21/12/2019. (ANTARA FOTO/Ho-Humas Pemda Manggarai Barat.)

"Saya ingin melihat secara langsung pilot project 3T yang dirintis oleh Kominfo di Manggarai Raya. Saya ingin melihat secara fisiknya seperti apa, " kata Menkominfo Jhony G Plate..
Kupang (ANTARA) - Menteri Kominfo Jhony G Plate melakukan kunjungan kerja ke Manggarai Raya di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ( NTT) meninjau lokasi akses internet Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

Dalam kunjungan kerjanya ke Manggarai Barat, Sabtu (21/12), mantan politisi NasDem itu mengatakan bahwa kunjungan tersebut guna mendukung terwujudnya Indonesia menuju Digital Nation dengan terus membangun infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK) secara merata di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

"Saya ingin melihat secara langsung pilot project 3T yang dirintis oleh Kominfo di Manggarai Raya. Saya ingin melihat secara fisiknya seperti apa, " katanya kepada wartawan di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Ia mengatakan pilot project 3T yang ada di Manggarai Raya, yakni di Pelabuhan Reo, Kabupaten Manggarai di utara Pulau Flores, memiliki kecepatan internet dengan kekuatan delapan megabite per detik.

Sementara di Seminari Santo Pius XIII Kisol di Manggarai Timur, kecepatan internetnya juga mencapai 8 MB/detik. Selain itu, Menteri Jhony juga meninjau representasi pusat pendidikan di Seminari Kisol, sebagai simbol pusat perhatian Presiden Joko Widodo terhadap pengembangan SDM.
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) berbincang dengan Menkominfo Johnny G Plate sebelum mengikuti rapat terbatas tentang pengelolaan cadangan beras pemerintah di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/12/2019). Presiden meminta regulasi dan manajemen pengelolaan cadangan beras pemerintah diselesaikan dan dibereskan serta dibuat pola dan terobosan baru sehingga tidak menjadi beban bagi Bulog. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc). 
Sedangkan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Menteri Jhony Plate meninjau Puskesmas Labuan Bajo yang telah menggunakan teknologi 4G dalam pelayanan kesehatan.

Setelah melakukan kunjungan kerja di Manggarai Raya, Menkominfo juga akan berkunjung ke Pulau Sumba. "Saya juga mau lihat secara langsung tindak lanjut gelar fiber optik Palapa Ring dari Sumba hingga Rote untuk memastikan apakah pelayanan Palapa Ring di wilayah itu sudah maksimal atau belum," ujarnya.

"Kalau sudah ya syukur, tapi kalo belum maksimal maka pilot project 3T maka akan ada kebijakan lanjutan untuk tahun 2020 hingga 2024 bisa di lakukan akselerasi di bidang informasi dan komunikasi," katanya.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula yang dihubungi Antara secara terpisah dari Kupang mengatakan memberi apresiasi khusus kepada Menkominfo Jhony Plate, karena mencurahkan perhatiannya khusus ke Manggarai Barat yang memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan ini.

Agustinus Ch Dulla mengatakan Menkominfo menginginkan agar potensi internet yang ada diharapkan bisa dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo (TNK).
Asita NTT dukung Storynomic Tourism. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)