Tropis Blake sudah menjauh dari Indonesia

id siklon blake

Tropis Blake sudah menjauh dari Indonesia

Kepala BMGK Stasiun El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi (kanan). (ANTARA/Bernadus Tokan)

"Berdasarkan analisis 7 Januari 2020 pukul 07.00 WIB, Siklon Tropis Blake terpantau berada di sekitar Samudera Hindia, di selatan NTT pada koordinat 20.3 LS, 120.1 BT (sekitar 1.120 km sebelah selatan barat daya Rote)," kata Agung Sudiono Abadi..
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang menyebutkan, siklon tropis Blake yang berada sekitar 1120 km sebelah selatan barat daya Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah bergerak ke selatan dan menjauh dari Indonesia.

"Berdasarkan analisis 7 Januari 2020 pukul 07.00 WIB, Siklon Tropis Blake terpantau berada di sekitar Samudera Hindia, di selatan NTT pada koordinat 20.3 LS, 120.1 BT (sekitar 1.120 km sebelah selatan barat daya Rote)," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Rabu (8/1).

Ia mengemukakan hal itu, terkait posisi siklon tropis Blake saat ini, dan dampaknya terhadap cuaca di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur, Bali dan NTB.
Siklon tropis Blake. (ANTARA FOTO/HO-BMKG Kupang)

Dampak dari siklon tersebut adalah angin kencang dengan kecepatan >20 knot (40 km per jam) berpeluang terjadi di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain gelombang setinggi 2.50-4.00 meter berpeluang terjadi di perairan laut Samudera Hindia selatan Jawa Timur, Samudera Hindia selatan NTB, juga di selatan Pulau Sumba hingga Pulau Sabu, Laut Sawu bagian selatan, perairan selatan Kupang hingga pulau Rote dan Samudera Hindia selatan Kupang-Pulau Rote.