Jenazah personel TNI AD korban Mi-17 akan diberangkatkan ke perbatasan

id Kecelakaan helikopter

Jenazah personel TNI AD korban Mi-17 akan diberangkatkan ke perbatasan

Upacara militer pelepasan delapan jenazah prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan helikopter Mil Mi-17V5 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada akhir Juni 2019 di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (17/2/2020).. (ANTARA FOTO/HO-Andi Riri)

Jenazah Loe akan dipulangkan terlebih dahulu melalui Bandara El Tari Kupang, baru kemudian akan diantar ke Kabupaten Belu, wilayah perbatasan RI-Timor Leste) melalui jalan darat..
Kupang (ANTARA) - Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigadir Jenderal TNI Syaiful Rahman mengatakan jenazah Prajurit Satu Yanurius Loe, anggota TNI AD yang gugur dalam kecelakaan helikopter Mil Mi-17V5 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Pegunungan Bintang, Papua, akan langsung diberangkatkan ke perbatasan Indonesia-Timor Leste usai tiba di Kupang, pada Selasa besok (18/2).

"Kami sudah diberitahukan soal jenazah prajurit TNI AD yang gugur di Papua, nantinya jenazahnya akan dipulangkan pada Selasa (18/2) besok," katanya, kepada wartawan di Kupang, Senin (17/2).

Hal ini disampaikan berkaitan dengan pemulangan jenazah Loe yang berasal dari Desa Rembesihat, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang menjadi korban kecelakaan helikopter Mil Mi-17V5 di Pengunungan Mandala, bersama 11 rekannya saat menjalankan tugas di daerah itu.

Jenazah Loe akan dipulangkan terlebih dahulu melalui Bandara El Tari Kupang, baru kemudian akan diantar ke Kabupaten Belu, wilayah perbatasan RI-Timor Leste) melalui jalan darat..
 
Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Jayapura Marsekal Pertama TNI T.Bowo Budi Santoso mendampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengunjungo 12 jenazah korban kecelakaan Helikopter Mi-17 di RS Bhayangkara Polda Papua, Sabtu (15/2).(ANTARA FOTO/Muhsidin)
Ia mengatakan, seharusnya para prajurit yang gugur dalam tugas, laiknya Loe, dimakamkan di taman makam pahlaman di Kupang yakni TMP Dharmaloka. Namun semuanya kembali lagi ke pihak keluarga, apakah akan dimakamkan di taman makam pahlawan atau di daerah tempat kelahirannya.

Ia menjelaskan, sejumlah jenasah yang gugur di Papua dalam misi distribusi logistik pengamanan perbatasan negara, diberangkatkan dengan dua kloter. Kloter pertama untuk Semarang dilaksanakan Senin (17/2). Sementara itu sisanya baru akan diberangkatkan pada Selasa (18/2).

Berikut daftar nama prajurit TNI AD yang gugur dalam penerbangan helikopter Mil Mi-17V5 Pusat Penerbangan TNI AD itu adalah Kapten CPN Aris Adik (30), Kapten CPN Bambang Saputra (45), Letnan Satu CPN Ahwar Afandi (35), Sersan Kepala Suriatna Wijaya Kusuma (32), Prajurit Satu Dwi Purnomo (30), dan Prajurit Satu Asharul Mashudi (27).

Kemudian Sersan Satu Dita Ilham (24), Sersan Dua Ikrar Satya Nainggolan (26), Prajurit Satu Yanurius Loe (27), Prajurit Satu Risno (24), Prajurit Dua Sujono Kaimuddin (25), dan Prajurit Dua Tegar Hadi (25).
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab (kiri) dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpuaw saat menjemput jenazah para prajurit TNI yang gugur dalam kecelakaan helikopter di Pegunungan Bintang, di bandar udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (15/02/2020). (ANTARA FOTO/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)