Peluang AHY jadi capres sangat ditentukan posisi Demokrat

id ahy

Peluang AHY jadi capres sangat ditentukan posisi Demokrat

Calon Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Ketua DPD Partai Demokrat NTT Jefri Riwu Kore sedang memberikan keterangan pers di Kupang, NTT, Selasa (18/02/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/ama).

"Menurut saya, peluang AHY menjadi calon Presiden pada Pilpres 2024 akan sangat ditentukan oleh posisi mereka selama lima tahun masa pemerintahan Jokowi-Amin," kata Mikhael Bataona..
Kupang (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Mikhael Raja Muda Bataona mengatakan peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 sangat ditentukan oleh posisi Partai Demokrat selama lima tahun pemerintahan Jokowi-Amin.

"Menurut saya, peluang AHY menjadi calon Presiden pada Pilpres 2024 akan sangat ditentukan oleh posisi mereka selama lima tahun masa pemerintahan Jokowi-Amin. Jika mereka menjadi oposisi kritis, maka peluang AHY dan Demokrat menginvestasikan citra positip akan terbuka," kata Mikhael Raja Muda Bataona di Kupang, Kamis (20/2).

Pengajar Ilmu Komunikasi Politik dan Teori Kritis pada Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Unwira itu mengatakan peluang AHY sangat tergantung pada posisi kritis Demokrat terhadap pemerintahan saat ini.

Dia menambahkan, mau tidak mau, Demokrat harus berebutan dengan PKS yang sudah memproklamirkan diri sebagai oposisi pada rezim Jokowi-Amin.

"Jadi tagline oposisi secara general sepertinya tidak lagi menarik bagi publik. Demokrat harus kritis sebagai oposisi dengan sedikit berbeda dengan PKS," katanya menjelaskan.
Calon Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Ketua DPD Partai Demokrat NTT Jefry Riwu Kore di Kupang, NTT, Selasa (18/02/2020).(ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/ama).
Di situlah AHY akan mendapat posisi khusus secara otomatis di hati rakyat, yang mendukung kerja besar Demokrat menjaga konstitusi negara dan mutu demokrasi Indonesia.

Namun, lanjutnya, masalahnya adalah Demokrat juga sudah terstigma sebagai partai korup, karena kasus-kasus di masa lalu, hingga desas desus tentang skandal Asuransi Jiwas Raya yang kabarnya sudah terjadi sejak era SBY, meski sudah dibantah sendiri oleh mantan Presiden RI ke-6 itu.

Artinya, Demokrat sebaiknya memfilter semua isue dan tidak kritis dalam kasus hukum saja. Mengapa? Karena masalah hukum justeru sensitif untuk Demokrat yang pernah distigmakan sebagai partai yang banyak kader topnya terlibat korupsi di era SBY.

"Mungkin Demokrat bisa kritis soal pembangunan infrastruktur, masalah ekonomi terutama defisit transaksi berjalan yang cukup besar karena ketidakpastian ekonomi global, pemindahan ibu kota dan kasus-kasus lain misalnya omnibus law," katanya.

Dengan positioning seperti itu, branding terhadap AHY akan lebih kuat dan masif dilakukan, kata pengajar investigatif news dan jurnalisme konflik pada Fisip Unwira Kupang itu.
Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (ANTARA FOTO/Diana)
Lebih kritis
Dia menambahkan, mau tidak mau, Demokrat harus berebutan dengan PKS yang sudah memproklamirkan diri sebagai oposisi pada rezim Jokowi-Amin.

"Jadi tagline oposisi secara general sepertinya tidak lagi menarik bagi publik. Demokrat harus kritis sebagai oposisi dengan sedikit berbeda dengan PKS," katanya.

Disitulah AHY akan mendapat posisi khusus secara otomatis di hati rakyat yang mendukung kerja besar Demokrat menjaga konstitusi negara dan mutu demokrasi Indonesia. "Kalau soal peluang menang di 2024 saya kira masih terlalu jauh," katanya.

Tetapi jika AHY lolos maju menjadi Capres, maka tentu akan bertarung denga nama-nama besar lainnya seperti Prabowo, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan tentu saja Anies Baswedan serta Risma, katanya.

Jika muncul lagi nama lain seperti Tito Carnavian dan Eric Tohir atau Sri Mulyani, maka pertarungan akan sangat sengit, katanya.

Soal milenial, dia mengatakan, popularitas AHY sebagai perwakilan milenial tidak akan mudah dipertahankan karena hampir semua wajah baru itu juga bergaya dan mengakar dengan euforia segmen milenial.

"Sehingga menurut saya, AHY tidak lagi mempunyai efek kejut yang kuat seperti saat namanya diumumkan pertama kali melawan Ahok dan Anies di DKI saat Pilkada lalu.

Sekarng AHY butuh beberapa momentum politik besar, untuk membuat dirinya mengejutkan secara politik demi menaikan elektabilitasnya, kata Mikhael Raja Muda Bataona.
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (ANTARA FOTO/Harianto)