Penyaluran sembako bantuan Presiden di Kupang capai 4.600 paket

id Bansos, Kota Kupang, NTT

Penyaluran sembako bantuan Presiden di Kupang capai 4.600 paket

Sejumlah petugas Bulog NTT sedang memeriksa kembali isi paket bantuan sembako Presiden di gudang Bulog NTT di Kupang, NTT, Senin (18/5/2020)..ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Sudah mau selesai saat ini. Realisasinya justru sudah mencapai 4.600 lebih paket dari 5.000 paket yang siap disalurkan
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang melaporkan hingga saat ini realisasi pembagian bahan kebutuhan pokok bantuan Presiden Joko Widodo bagi masyarakat terdampak COVID-19 di Ibu Kota Provinsi NTT sudah mencapai 4.600 paket.

"Sudah mau selesai saat ini. Realisasinya justru sudah mencapai 4.600 lebih paket dari 5.000 paket yang siap disalurkan," kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Lodywik Djungu Lape kepada ANTARA di Kupang, Jumat, (19/6).

Baca juga: Warga Kota Kupang mengeluh belum mendapat bansos

Baca juga: Legislator Kota Kupang ingatkan pemerintah transparan distribusi bansos


Ia mengatakan bahwa paket sembako bantuan Presiden itu dibagi-bagikan kepada sejumlah mahasiswa di Kota Kupang dari luar Kota Kupang dan NTT yang tak bisa pulang ke kampung halamannya karena COVID-19.

Selain itu juga menyasar masyarakat di seluruh wilayah Kota Kupang yang benar-benar terdampak oleh pandemi COVID-19 itu dan belum mendapat bantua dari program-program jaring pengaman sosial.

"Kita benar-benar data, siapa-siapa saja yang mendapatkannya, jadi tak sembarang orang yang menerimanya, karena memang bantuan ini diperuntukan bagi orang-orang yang membutuhkan," ujar dia.

Untuk pendataan bagi mahasiswa, ujar dia, Pemkot Kupang bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan di setiap universitas di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.

Lodywik menambahkan bahwa proses pembagian sembako bantuan presiden itu juga tidak dilakukan ke satu tempat saja, tetapi juga dibagi-bagikan di tempat-tempat tertentu yang memang tidak menimbulkan banyak kerumunan masa.

Iapun pembagiannyapun dilakukan bertahap karena pihaknya tak ingin nanti ada penerima yang sudah mendapatkan bantuan dari BLT justru dapat bantuan sembako dari Presiden.

Sebab, kata dia, untuk bantuan COVID-19 sendiri saat ini masih ada di gudang Dinas Sosial Kota Kupang. Baik itu dari pemerintah Kota Kupang maupun bantuan dari pemerintah pusat.

"Saat ini sedang dilakukan pembagian paket sembako dari pemkot bagi warga kurang mampu di Kota Kupang," ujar dia.

Baca juga: Mahasiswa Kupang dapat bantuan sembako dari Presiden

Sampai saat ini khusus untuk bantuan dari pemerintah Kota Kupang, kurang lebih sudah 23 ribu paket sembako yang sudah dibagikan yang tersebar di tiga kecamatan di kota yang dikenal dengan sebutan Kota Karang itu.