Anggaran pilkada tiga kabupaten di NTT sudah ditransfer

id anggaran pilkada ntt,pilkada ntt,kpu ntt,ntt

Anggaran pilkada tiga kabupaten di NTT sudah ditransfer

Ketua KPU Nusa Tenggara Timur, Thomas Dohu. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Tiga kabupaten itu adalah Kabupaten Malaka, Sabu Raijua dan Kabupaten Belu
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat, hingga saat ini, anggaran pilkada untuk tiga dari sembilan kabupaten yang menyelenggarakan pilkada di daerah itu, sudah ditransfer 100 persen oleh pemerintah daerah ke rekening KPU kabupaten.

Tiga kabupaten itu adalah Kabupaten Malaka, Sabu Raijua dan Kabupaten Belu, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT Thomas Dohu kepada ANTARA di Kupang, Senin (6/7).

Dia menjelaskan, sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), Kabupaten Malaka memperoleh dana hibah sebesar Rp14,7 miliar untuk mendukung pelaksanaan pilkada di daerah itu.

Baca juga: Tak ada kesulitan cairkan anggaran pengawasan pilkada

Baca juga: NTT dapat tambahan Rp18,9 miliar untuk pilkada 2020


Dari total tersebut, pada tahun 2019 telah ditransfer sebesar Rp347,6 juta dan sisanya telah ditransfer seluruhnya ke rekening KPU pada tahun 2020 ini.

Khusus untuk Kabupaten Sabu Raijua, seluruh anggaran yang disepakati dalam NPHD sebesar Rp 15 miliar sudah ditransfer seluruhnya pada tahun 2019 lalu.

Sementara Kabupaten Belu yang memperoleh hibah sebesar Rp18 miliar di transfer dalam dua tahap yakni tahun 2019 sebesar Rp201,5 juta dan sisanya telah ditransfer seluruhnya pada 2020 ini.

Sementara itu, enam kabupaten lainnya saat ini berkisar 40-80 persen dari pagu anggaran yang tercantum dalam NPHD telah ditransfer ke rekening KPU, katanya.

Kabupaten Sumba Timur misalnya, pemerintah daerah sudah mentransfer sebesar Rp11,8 miliar lebih dalam dua tahap dari pagu sebesar Rp29,7 miliar lebih, katanya menjelaskan.

"Prinsipnya, sampai saat ini tidak ada keluhan soal proses pencairan anggaran untuk pilkada," katanya.