Satgas Pamtas RI-Timor Leste Gagalkan Penyelundupan BBM

id BBM

Satgas Pamtas RI-Timor Leste Gagalkan Penyelundupan BBM

Satgas Pamtas RI-Timor Leste berhasil mengamankan 1.275 liter minyak tanah dan 90 liter solar yang hendak diselundupkan ke Timor Leste.

Jenis BBM yang digagalkan adalah jenis minyak tanah sebanyak 1.275 liter dan solar sebanyak 90 liter.
Kupang (Antara NTT) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste dari Sektor Timur Batalyon Raider 712/Wiratama berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) di pesisir pantai Mota Ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste Yonif Raider 712/Wiratama Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan melalui siaran pers yang diterima Antara Kupang, Selasa, mengatakan jenis BBM yang digagalkan adalah jenis minyak tanah sebanyak 1.275 liter dan solar sebanyak 90 liter.

"Penggagalan langsung dipimpin Personel kami dibawah pimpinan Wadanpos Sertu Isak Peni pada Minggu (2/7/2017) dini hari pukul 03.10 Wita," katanya.

Ia menjelaskan, BBM jenis mitan dan solar itu digagalkan anggota ketika sedang melaksanakan patroli rutin di pesisir pantai Mota Ain. Saat sedang berada di pesisir pantai, anggota melihat cahaya senter dan gerobak yang mencurigakan sementara didorong menuju ke arah pantai.

Segera Wadanpos bersama ketiga anggota langsung mendekat ke arah cahaya senter dan gerobak. Namun, warga yang mendorong gerobak langsung melarikan diri karena mengetahui telah didekati anggota.

"Warga yang membawa BBM itu melarikan diri meninggalkan barang buktinya," katanya.

Dikatakannya, jenis BBM yang berhasil diamankan yaitu minyak tanah sebanyak 1.275 liter dikemas dalam jerigen berbagai ukuran yakni, 40 buah jerigen berukuran 25 liter, tujuh jerigen berukuran 20 liter dan 27 jerigen berukuran lima liter.

Sedangkan solar 90 liter diisi dalam dua buah jerigen ukuran 35 liter dan empat jerigen berukuran lima liter.  Hasil penggagalan BBM illegal itu sudah diamankan anggota Pos PLB Mota Ain.

Ia mengaku sudah sering menggagalkan upaya penyelundupan BBM ke Timor Leste dalam setiap aksi patroli personel Satgas Pamtas. Semua hasil penggaggalan diserahkan ke aparat penegak hukum untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Satgas Pamtas Yonif Raider 712/Wiratama juga selalu mengingatkan warga di sepanjang tapal batas untuk selalu menghindari semua kemungkinan aksi pelanggaran hukum, termasuk penyelundupan, katanya.

"Kita berharap akan bisa menjadi salah satu langkah meminimalisir aksi penyelendupan di daerah ini," katanya.