Rp1,5 Miliar Untuk Rehab GOR Flobamora

id GOR

Rp1,5 Miliar Untuk Rehab GOR Flobamora

Nahor Talan

Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam tahun ini, akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk memperbaiki bangunan gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Flobamora Kupang yang rusak.
Kupang (Antara NTT) - Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam tahun ini, akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk memperbaiki bangunan gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Flobamora Kupang yang rusak.

"Pemerintah NTT sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang memiliki perhatian serius terhadap pembangunan fasilitas olahraga di NTT," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Provinsi NTT Nahor Talan ketika di hubungi di Kupang, Jumat.

Talan menjelaskan hal itu terkait tidak dimanfaatkanya bagunan GOR Flobamora Kupang sebagai sarana olahraga sejak fasilitas olahraga ini mengalami kerusakan.

Talan mengatakan, perbaikan bangunan GOR Flobamora Kupang semula direncanakan tahun 2016 dengan anggaran yang sudah dialokasikan melalui dana dana DAK sebesar Rp5 miliar, namun pemerintah pusat membatalkan kembali karena adanya kebijakan efisiensi anggaran yang dilakukan pada tahun 2016, menyebabkan perbaikan bangunan GOR Flobamora Kupang ditunda hingga tahun 2017.

"Proses tender pekerjaan bangunan GOR Flobamora 2016 sudah pada tahap pengumuman pemenang tender. Bahkan rekanan yang menang tender sempat perbaikan beberapa fasilitas gedung GOR Flobamora yang rusak tanpa mengantongi surat perintah kerja. Kita langsung batalkan pekerjaan itu karena anggaran tidak ditransfer dari pusat," kata Talan.

Ia mengatakan, pemerintah NTT tidak bisa menangung biaya kerugian yang dialami rekanan itu karena pekerjaan yang dilakukan sebelum surat perintah kerja ditandatangani.

Talan menjelaskan, proses perbaikan bangunan GOR Flobamora Kupang saat ini dalam proses tender dengan nilai proyek Rp1,5 miliar.

"Kita harapkan proses perbaikan fasilitas di gedung GOR Flobamora Kupang itu mulai dikerjakan pada bulan Oktober-November 2017," kata Talan.

Ia berharap dengan perbaikan fasilitas olahraga yang terdapat di GOR Flobamora Kupang itu ini mampu mendorong motifasi atlet di provinsi berbasis kepulauan ini memacu diri untuk berprestasi dalam berbagai even olahraga tingkat nasional maupun internasional.