Kapolda NTT perintahkan tangkap spekulan harga bahan bangunan di Kota Kupang

id Kapolda NTT, Kota Kupang, Bahan bangunan

Kapolda NTT perintahkan tangkap spekulan harga bahan bangunan di Kota Kupang

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif saat turun dari pesawat Polri di Larantuka, Flores Timur, Selasa (6/4/2021). ANTARA/Kornelis Kaha

Saya sudah perintahkan personel untuk menyisir semua toko bangunan di Kota Kupang. Jika ada pemilik toko yang menjual bahan bangunan dengan harga tidak wajar saya perintahkan ditangkap,
Larantuka, Flores Timur (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharai memerintahkan personel-nya untuk menangkap dan menindak tegas para spekulan yang memainkan harga bahan bangunan pascabencana angin kencang menghantam Kota Kupang.

"Saya sudah perintahkan personel untuk menyisir semua toko bangunan di Kota Kupang. Jika ada pemilik toko yang menjual bahan bangunan dengan harga tidak wajar saya perintahkan ditangkap," katanya kepada wartawan di Larantuka, Flores Timur, Selasa (6/4) malam.

Hal ini disampaikan-nya berkaitan dengan adanya laporan dari warga yang menyatakan bahwa harga seng untuk atap rumah yang semula hanya Rp50 ribu per lembar kini sudah naik menjadi Rp70 sampai Rp75 ribu per lembar.

Menurut jenderal berbintang dua itu hal ini tentunya saja tidak wajar. Penjualnya sengaja menaikkan harga tersebut dengan memanfaatkan kesempatan di tengah bencana.

Baca juga: Kapolda NTT ajak seluruh masyarakat bersama jaga keamanan
Baca juga: Pengamanan ditingkatkan pada semua kantor polisi di NTT


Ia juga sudah memerintah kepada Dikrimsus Polda NTT untuk memantau kenaikan harga bahan bangunan yang meresahkan warga di Kota Kupang khususnya, NTT umumnya.

Ia juga mengimbau kepada para pemilik toko bangunan jika memang bahan bangunannya habis, toko dibuka seperti biasa dan jangan menutupnya karena dikhawatirkan akan menimbulkan penjarahan.

Orang nomor satu di Polda NTT itu juga mengimbau kepada PLN wilayah NTT untuk segera mempercepat pemulihan jaringan listrik di lokasi-lokasi vital di Kota Kupang sehingga aktivitas orang bisa kembali normal.

"Sekarang-kan kulkas mati, air tidak nyala inikan orang repot. Tidak perlu nyala di seluruh Kota Kupang, tetapi cukup di beberapa lokasi saja," ucap dia berharap.