RPH Kupang Segera Beroperasi

id RPH

RPH Kupang Segera Beroperasi

RPH Noelbaki Kupang

RPH yang dibangun pemerintah Kabupaten Kupang di Desa Noelbaki akan dioperasionalkan pada November 2017 setelah dilengkapi fasilitas listrik berkapasitas 10 kVA.
Kupang (Antara NTT) - Rumah Potong Hewan (RPH) yang dibangun pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah akan dioperasionalkan pada November 2017 setelah dilengkapi fasilitas listrik berkapasitas 10 kVA.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki yang dihubungi di Kupang, Sabtu, menjelaskan RPH di Desa Noelbaki tersebut untuk sementara belum bisa digunakan sebagai tempat pemotongan hewan karena beberapa sarana dan prasarana pendukungnya masih dalam tahap pembangunan.

RPH di Noelbaki mengalami peningkatan status sejak tahun 2016 dari tipe C ke tipe B, setelah pemerintah pusat mengalokasi bantuan pengadaan fasilitas sarana dan prasarana yang modern di RPH terbesar di wilayah Kabupaten Kupang itu.

"Fasilitas RPH di Noelbaki sudah sangat modern, dibangun menggunakan dana APBN dan diharapkan agar pemotongan hewan di tempat itu bisa lebih higienis dari sebelumnya," kata Titu Eki.

Ia mengatakan PT PLN (Persero) Kupang telah melakukan pemasangan instalasi pada Februari 2017 lalu dengan daya 10 kVA untuk menggerakkan peralatan di RPH tersebut.

"Uji coba peralatan pemotongan hewan sudah dilakukan oleh Dinas Peternakan Provinsi NTT pada pertengahan Oktober 2017 dan berjalan sukses," kata Titu Eki.

Berdasarkan evaluasi oleh Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, kegiatan pemotongan hewan di RPH Noelbaki sudah dapat dilakukan pada November 2017.

Ia berharap dengan pengoperasian RPH ini maka tidak lagi ditemukan pemotongan hewan oleh warga yang berlangsung di jalanan umum maupun halaman rumah penduduk.