Sparta kikis asa Vitesse dekati zona Liga Champions

id liga belanda,sparta rotterdam,vitesse,bryan smeets,lennart thy,emanuel emegha

Sparta kikis asa Vitesse dekati zona Liga Champions

Penyerang Sparta Rotterdam Lennart Thy (kiri) melakukan selebrasi bersama Bart Vriends seusai mencetak gol ke gawang Vitesse Arnhem dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Sparta, Rotterdam, Belanda, Jumat (7/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS)

statistik memperlihatkan Vitesse mendominasi lebih dari 60 persen penguasaan bola sepanjang laga, tetapi....
Jakarta (ANTARA) - Sparta Rotterdam mengikis asa Vitesse Arnhem mendekati zona Liga Champions klasemen Liga Belanda seusai mengalahkan tamunya itu dengan skor 3-0 dalam laga pekan ke-32 di Stadion Sparta, Jumat, (7/5) waktu setempat (Sabtu WIB).

Dengan hasil tersebut, Vitesse yang berada di peringkat keempat gagal menambah koleksi 60 poin yang mereka miliki dan masih tertinggal lima poin dari tim posisi kedua PSV Eindhoven yang baru akan main dua hari berselang.

Sedangkan Sparta (42) naik ke urutan kedelapan dan membuka peluang bagi mereka mengikuti fase playoff perebutan tiket kualifikasi babak kedua Liga Conference, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Catatan statistik memperlihatkan Vitesse mendominasi lebih dari 60 persen penguasaan bola sepanjang laga, tetapi serangan mereka tumpul.

Sparta membuka keunggulan atas tamunya pada menit ke-36 melalui gol tandukan Bryan Smeets menyambut umpan silang Mario Engels.

Gol itu seolah membangunkan Vitesse yang seperti tidur pulas sepanjang 40 menit pertama pertandingan, tetapi upaya-upaya mereka membalas melalui Riechedly Bazoer dan Maximilian Wittek tak membuahkan hasil hingga turun minum.

Kegagalan memanfaatkan peluang terus menjadi gambaran penampilan Vitesse memasuki babak kedua, termasuk ketika sepakan jarak jauh Bazoer membentur tiang gawang pada menit ke-68.

Sparta justru menggandakan keunggulannya pada menit ke-77 dengan memanfaatkan situasi sepak pojok yang diakhiri sundulan Lennart Thy.

Baca juga: Vitesse gagal kudeta posisi usai menyerah dari VVV Venlo

Tiga menit berselang, Sparta menegaskan keunggulan mereka menjadi 3-0 lewat sontekan jarak dekat Emanuel Emegha menyelesaikan umpan kiriman Aaron Meijers.

Sesudahnya, Vitesse tak bisa menciptakan peluang apapun hingga harus meninggalkan pertandingan dengan tangan hampa dan asa mereka ke Liga Champions semakin menipis.

Baca juga: Liga Belanda - Tiga gol bunuh diri warnai kemenangan AZ atas Twente

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim akan bermain pada Kamis (13/5) pekan depan, saat Vitesse bertandang ke markas Fortuna Sittard sedangkan Sparta kembali tampil di kandang menjamu Utrecht.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021