Puluhan pegawai KKP Kupang mulai terima vaksin dosis tiga

id Vaksin, NTT, Kota Kupang,moderna

Puluhan pegawai KKP Kupang mulai terima vaksin dosis tiga

Kepala Bidang Administrasi Umum KKP Kupang Bernadinus Darma. ANTARA/HO.

...Untuk dosis penyuntikannya berbeda dengan vaksin pendahulunya. Kalau yang ini satu orang dapat satu dosis karena Moderna khusus dosis 'booster'
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 42 petugas kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga dengan jenis vaksin Moderna.

Kepala Bidang Administrasi Umum KKP Kupang Bernadinus Darma kepada ANTARA di Kupang, Selasa, mengatakan untuk wilayah NTT, KKP merupakan lembaga pertama di NTT yang menyuntikan vaksin jenis Moderna tersebut kepada para pegawainya.

"Sepertinya pertama di NTT penyuntikan vaksin COVID-19 dengan jenis vaksin Moderna," katanya.

Pria yang biasa disapa dengan sebutan Charlos itu, juga menjelaskan berbeda dengan vaksin COVID-19 Sinovac dan Astrazanecca, penerima vaksin Moderna hanya mendapatkan jatah satu kali suntik.

Hal ini terbukti dari 42 dosis yang ada, semuanya disuntikkan kepada 42 pegawai di KKP Kupang karena vaksin jenis Moderna ini khusus dosis "booster" (pemacu) sehingga hanya satu kali penyuntikan.

"Untuk dosis penyuntikannya berbeda dengan vaksin pendahulunya. Kalau yang ini satu orang dapat satu dosis karena Moderna khusus dosis 'booster'," ujar dia.

Charlos mengatakan kemungkinan dalam waktu dekat sejumlah tenaga kesehatan di NTT juga akan mulai disuntik vaksin jenis Moderna itu.

Sebab, lanjut dia, di beberapa daerah seperti di Pulau Jawa serta Bali justru sudah dilakukan sejak dua atau tiga pekan lalu.

Dia mengatakan untuk vaksinasi dosis ketiga dengan jenis Moderna bagi pegawai KKP Kupang baru 42 orang, dari total 112 pegawai di kantor tersebut.

"Jadi tadi baru 42 orang, itu juga karena lagi piket. Sisanya nanti dalam waktu dekat. Selain itu ada juga beberapa pegawai penyintas sehingga beberapa juga ditunda vaksinnya," ujar dia.

Baca juga: KKP Kupang karantina puluhan kapal kargo selama Juni-Juli 2021

Baca juga: KKP Kupang perketat pengawasan dokumen tes COVID-19