Gubernur Laiskodat dorong TNI bangun ekonomi di kawasan perbatasan

id NTT,kawasan perbatasan ntt,NTT-Timor Leste

Gubernur Laiskodat dorong TNI  bangun  ekonomi di kawasan perbatasan

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

...Tugas utama aparat TNI di kawasan perbatasan menjaga keamanan tetapi bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat sehingga pembangunan ekonomi masyarakat menjadi lebih berkembang pesat
Kupang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong aparat TNI yang bertugas di kawasan perbatasan NTT dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste untuk menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi masyarakat di kawasan perbatasan itu.

"Tugas utama aparat TNI di kawasan perbatasan menjaga keamanan tetapi bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat sehingga pembangunan ekonomi masyarakat menjadi lebih berkembang pesat," katanya, di Kupang, Selasa, (5/10).

Gubernur Viktor mengatakan hal itu terkait peran TNI dalam pembangunan kawasan perbatasan NTT dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDLT).

Menurut dia, peran pasukan TNI yang berada di kawasan perbatasan NTT dengan Timor Leste tidak hanya menjalankan misi pertahanan dan keamanan tetapi berperan dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

"Peran TNI sangat dibutuhkan dalam mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat di kawasan perbatasan. Pemerintah Provinsi NTT berharap pasukan TNI yang bertugas di kawasan perbatasan menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi di kawasan perbatasan itu sehingga geliat ekonomi terus tumbuh," kata Viktor.

Dia menambahkan Pemerintah Provinsi NTT menginginkan penanganan kawasan perbatasan NTT dengan Negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) tidak semata-mata melalui pendekatan pertahanan dan keamanan tetapi lebih difokuskan pada pendekatan pembangunan sektor ekonomi.

Menurut dia, garis batas antarnegara erat kaitannya dengan urusan politik, sosial, dan ekonomi. Jadi tidak ada batasan.

"Urusan di kawasan perbatasan NTT dengan RDTL tidak semata-mata hanya tertuju pada urusan pertahanan dan keamanan tetapi perlu ada pendekatan lain seperti mendorong percepatan pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya sehingga kehidupan masyarakat di kawasan perbatasan semakin sejahtera," tegas Viktor.

Baca juga: Dansatgas Pamtas : Penyelundupan masih marak di perbatasan
Baca juga: Artikel- Kisah para pengawal perbatasan RI-Timor Leste