Konferensi Polwan Sedunia tingkatkan penjualan UMKM Labuan Bajo

id UMKM, konferensi polwan sedunia,IAWP,labuan bajo,manggarai barat,NTT

Konferensi Polwan Sedunia tingkatkan penjualan UMKM Labuan Bajo

Para peserta kegiatan The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 sedang membeli produk UMKM dalam pameran UMKM yang diselenggarakan di gedung wisata Goa Batu Cermin, Selasa (9/11/2021). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka.

...Semoga lebih banyak lagi kegiatan internasional di sini agar UMKM lebih dikenal dan petani merasakan dampaknya
Labuan Bajo (ANTARA) - Konferensi Polwan Sedunia atau The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 turut meningkatkan penjualan produk UMKM di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Kami senang kegiatan internasional ini membuat produktivitas kami bagus dan penjualan meningkat," kata Maria Irma Gonsa dari UMKM Tersco dalam acara pameran UMKM di Goa Batu Cermin Labuan Bajo, Selasa, (9/11).

Tersco merupakan salah satu UMKM kuliner, cemilan, dan aksesoris tenun yang merasakan manfaat langsung dari kegiatan IAWP 2021. Irma mengaku beberapa produknya terjual habis diborong peserta kegiatan, seperti selendang, kopi arabika, dan kopi robusta. Bahkan, kopi jahe menjadi salah satu produk yang laris diburu peserta.

Dari kegiatan pameran setengah hari ini, Irma berhasil mendulang rupiah sekitar Rp3 juta. Ia berharap kegiatan serupa bisa kembali digelar di Labuan Bajo karena Irma merasa pameran menjadi stimulus untuk peningkatan ekonomi UMKM di Labuan Bajo.

Hal senada disampaikan pula oleh anggota Bidang Daya Saing Produk dari Dekranasda Manggarai Barat Ety Minta. Dia tengah memasarkan produk dari Dekranasda berupa songke Manggarai, selendang, topi Manggarai bertuliskan komodo, dan berbagai aksesori dari tenun.
 
Anggota Bidang Daya Saing Produk dari Dekranasda Manggarai Barat Ety Minta menjual produk UMKM dalam pameran UMKM yang diselenggarakan di gedung wisata Goa Batu Cermin, Selasa (9/11/2021).  ANTARA/Fransiska Mariana Nuka.


Sekiranya 100 paket produk dengan rata-rata penjualan mencapai Rp3 juta telah diperoleh Dekranasda Manggarai Barat. Ety pun senang dan berharap acara serupa dapat memberi kesempatan lebih kepada UMKM untuk menjual produknya.

Densyana Redo Nango dari Adista Donat juga merasakan dampak city tour konferensi internasional yang luar biasa terhadap penjualan produknya. Dia meraup untung hingga Rp4 juta karena banyaknya produk yang terjual.

"Semoga lebih banyak lagi kegiatan internasional di sini agar UMKM lebih dikenal dan petani merasakan dampaknya," harap Christiyane Gerviani Mansen dari UMKM New Eden Moringa yang mendapatkan Rp4 juta dari hasil penjualan produk bubuk kelor di pameran tersebut.

Konferensi Polwan Sedunia atau The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 telah resmi dibuka oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada Minggu. Adapun agenda kegiatan pada hari ketiga pelaksanaan Training Conference 2021 ini yakni City Tour ke salah satu tempat wisata di Labuan Bajo, yakni Goa Batu Cermin.

Baca juga: Tarian Hegong Maumere meriahkan City Tour peserta IAWP

Baca juga: Konferensi Polwan Sedunia berdayakan Polwan di panggung kepolisian