Wakil Bupati Kupang : waspadai banjir dan tanah longsor

id NTT,Wakil bupati kupang,jerry manafe

Wakil Bupati Kupang : waspadai  banjir dan tanah longsor

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe (ANTARA/ Benny Jahang)

Apabila terjadi bencana untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik TNI/Polri untuk dilakukan upaya antisipasinya dengan cepat,
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengingatkan warga setempat untuk waspada terhadap terjadinya banjir dan tanah longsor sebagai dampak curah hujan dengan intensitas tinggi yang sedang melanda daerah itu.

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memberikan peringatan dini terhadap adanya potensi banjir dan tanah longsor karena hujan dengan intensitas tinggi mulai melanda Kabupaten Kupang," kata dia ketika dihubungi di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu.

Ia menjelaskan warga yang tinggal di kawasan bantaran kali untuk waspada terhadap adanya banjir kiriman selama musim hujan ini.

Baca juga: BPBD imbau warga di daerah rawan bencana waspadai hujan lebat
Baca juga: Waspadai rob yang masih mengancam wilayah NTT


Apabila masyarakat melihat adanya tanda-tanda terjadi luapan banjir, katanya, sebaiknya segera mengungsi ke tempat yang aman guna menghindari adanya korban jiwa.

Ia mengatakan banjir selalu melanda kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, enklave Timor Leste itu, saat curah hujan yang tinggi seperti saat ini.

Selain itu, Jerry Manafe juga mengingatkan masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan pegunungan untuk waspada terhadap terjadinya tanah longsor yang merupakan dampak dari hujan deras dan angin kencang.

Dia juga berharap, pemerintah kecamatan dan desa di daerah itu untuk melakukan upaya antisipasi dan selalu siaga terhadap potensi bencana.

"Apabila terjadi bencana untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik TNI/Polri untuk dilakukan upaya antisipasinya dengan cepat," kata Jerry Manafe.