Pariwisata NTT perlu keamanan kondusif

id DANREM

Pariwisata NTT perlu keamanan kondusif

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa

"Keamanan kondusif dibutuhkan dalam pembangunan pariwisata sehingga wisatawan menjadi bergairah datang menikmati beragam obyek wisata di NTT dengan rasa aman dan nyaman," kata Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.
Kupang (AntaraNews NTT) - Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen (TNI) Teguh Muji Angkasa mengatakan situasi keamanan kondunsif sangat diperlukan dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Keamanan kondusif dibutuhkan dalam pembangunan pariwisata sehingga wisatawan menjadi bergairah datang menikmati beragam obyek wisata di NTT dengan rasa aman dan nyaman," kata jenderal berbintang satu itu dalam pertemuan dangan wartawan di aula Makorem 161/Wirasakti Kupang, Kamis (5/7).

Ia mengatakan, masyarakat NTT harus bisa mempertahankan situasi keamanan kondusif agar pembangunan pariwisata semakin berkembang. "NTT sudah menjadi salah satu daerah tujuan wisata internasional sehingga dibutuhkan situasi keamanan yang kondusif agar wisatawan lebih nyaman berada di NTT," katanya.

Menurut mantan Wadan Kopassus itu, kondisi keamanan yang aman akan tercapai apabila media masa di provinsi berbasis kepulauan itu gencar memberitakan hal-hal positif terkait pembangunan sektor pariwisata. "Termasuk situasi keamanan yang aman dan kondusif perlu diberitakan," tegasnya.

Danrem menambahkan situasi keamanan yang kondusif menjadi sangat penting dalam mendukung pembangunan pariwisata guna mendorong wisatawan berkunjung ke NTT.

Baca juga: Asita harapkan gubernur terpilih rangkul pelaku pariwisata

"NTT sedang gencar membangun sektor pariwisata, media harus berperan dengan ikut mempromosikan secara baik terhadap potensi wisata, termasuk memberitakan situasi keamanan NTT yang aman dan nyaman bagi wisatawan," kata Danrem Teguh.

Menurutnya, pemberitaan tentang situasi keamanan yang aman dibutuhkan wisatawan sebelum wisatawan berkunjung ke NTT.

"Masih ada wisatawan yang bertanya datang ke NTT aman tidak. Sangat ironis ada pertanyaan seperti itu disaat keamanan di NTT sangat aman. Mari kita katakan pada dunia bahwa NTT alamnya indah dan keamananya aman dan nyaman bagi wisatawan," tegasnya.

Ia juga mengajak media masa memberitakan terus tentang penduduk NTT yang memiliki sikap toleransi sangat tinggi agar tidak ada keraguan bagi wisatawan berkunjung ke NTT.

Dia mengatakan, TNI AD akan terus menjaga keamanan di provinsi yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia itu agar tetap dalam kondisi yang aman.

Baca juga: Labuan Bajo jadi Badan Otoritas Pariwisata