Pemkot Kupang siapkan empat lokasi perawatan pasien Omicron

id NTT,COVID-19 kota kupang,Omicron

Pemkot Kupang siapkan empat lokasi perawatan pasien Omicron

Wakil Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man. (ANTARA/Benny Jahang)

...Kami sudah melakukan rapat bersama unsur musyawarah pimpinan daerah Kota Kupang untuk mengantisipasi gelombang ketiga kasus COVID-19
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menyiapkan empat lokasi perawatan medis sebagai antisipasi apabila terjadi lonjakan jumlah kasus pasien COVID-19 varian Omicron di daerah ini.

"Kami sudah melakukan rapat bersama unsur musyawarah pimpinan daerah Kota Kupang untuk mengantisipasi gelombang ketiga kasus COVID-19, apabila ada lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron di Kota Kupang," kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man di Kupang, Senin, (7/2).

Ia mengatakan hal itu terkait dengan antisipasi Pemerintah Kota Kupang terhadap peningkatan kasus COVID-19 varian Omicron setelah ditemukan satu kasus Omicron di daerah itu.

Dia menjelaskan pemkot telah menyiapkan sejumlah fasilitas perawatan medis guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19, terutama varian Omicron di Kota Kupang.

Rapat yang diikuti sejumlah pihak terkait itu, selain membahas persiapan fasilitas perawatan medis juga membahas ketersediaan obat-obatan, oksigen untuk menangani pasien COVID-19 Omicron.

Dia menyebut empat tempat perawatan medis yang disiapkan bagi pasien Omicron, yaitu RSUD SK Lerik, Puskesmas Penkase Oeleta, Balai Diklat NTT, serta Balai Latihan Kesehatan Provinsi NTT di kawasan Penfui Kupang.

Baca juga: Dinkes NTT laporkan seorang warga terpapar omicron

Pemerintah Kota Kupang akan menempatkan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang memadai pada empat lokasi itu untuk mendukung penanganan pasien terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron.

Baca juga: Kota Kupang perluas penelusuran kontak erat cegah omicron

"Besok kami akan turun langsung untuk mengecek semua fasilitas yang ada itu baik daya tampung perawatan maupun persediaan obat-obatan sehingga penanganan pasien bisa dilakukan secara maksimal ," kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man.