Vicktory-Joss menang di 15 kabupaten/kota

id Viktory joss

Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTT Viktor B Laiskodat-Josep Nae Soi (Viktory-Joss) tengah memberikan keterangan pers setelah pemilihan Gubernur NTT 2018 di Kupang, Rabu (27/6). (ANTARA Foto/Asis Lewokeda)

Viktory-Joss dalam pleno penghitingan suara terakhir di KPU NTT, Selasa (10/7) menang di 15 kabupaten/kota dan dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak dalam Pilgub NTT pada 27 Juni 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Pasangan Vicktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (Vicktory-Joss) meraih kemenangan di 15 dari 22 kabupaten/kota pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023, yang berlangsung 27 Juni 2018 lalu.

Data yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum yang diterima Antara di Kupang, Selasa (10/7), menunjukkan, 15 kabupaten/kota itu adalah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Alor, Belu, Lembata, Malaka, Rote Ndao dan Sabu Raijua.

Selain itu adalah Kabupaten Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Timor Tengah Selatan, Sumba Tengah, Sumba Timur dan Timor Tengah Utara.

Dengan kemenangan yang diraih di 15 kabupaten/kota dan perolehan suara yang cukup signifikan pada tujuh kabupaten lainnya itu maka pasangan yang diusung Partai Golkar, Nasdem, Hanura dan PPP ini mendulang 838.213 suara atau atau 35.60 persen dan ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak.

Sementara pasangan Marianus Sae-Emilia Nomleni (Marhaen) unggul di empat kabupaten yakni Kabupaten Ende, Flores Timur, Nagekeo dan Kabupaten Ngada.

Baca juga: Vicktory-Joss raih suara terbanyak

Pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meraih 603.822 suara atau 25.64 persen dan menempatkan pasangan ini pada posisi kedua perolehan suara.

Dari data hasil rekapitulasi perolehan suara itu, pasangan Esthon L Foenay- Christian Rotok menang di dua kabupaten yakni Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.

Pasangan yang diusung Partai Gerindra dan PAN ini mengoleksi 469.025 suara atau 19.92 persen dan menempati posisi ketiga dalam perolehan suara Pilgub NTT.

Sedangkan pasangan Benny Kabur Harman-Benny Litelnoni yang diusung Partai Demokrat dan PKS hanya unggul pada satu dari 22 kabupaten/kota.

Pasangan ini hanya meraih 447.796 suara atau 18.85 persen dan menempati posisi ke-empat dalam perolehan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

Baca juga: Viktory-Joss: Terima kasih atas kepercayaan masyarakat NTT
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar