Polda NTT kedepankan humanis pada Operasi Turangga 2022

id Kapolda NTT, operasi turangga,NTT

Polda NTT kedepankan humanis pada Operasi Turangga 2022

Irwasda Polda NTT menyematkan pita tanda Operasi Keselamatan Turangga 2022. ANTARA/Ho-Humas Polda NTT

Selama pelaksanaan Operasi Turangga 2022 ini kita lebih fokuskan pada peningkatan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas...
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur lebih mengedepankan Preemtif, Preventif dan Persuasif serta humanis untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas selama pelaksanaan operasi Keselamatan Turangga 2022.

"Selama pelaksanaan Operasi Turangga 2022 ini kita lebih fokuskan pada peningkatan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19," kata Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli di Kupang, Selasa, (1/3).

Zulkifli mengatakan bahwa salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

Keselamatan ujar dia, memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

Ia menjelaskan bahwa perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital, di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone.

Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

Polisi lalu lintas sendiri ujar dia, terus berupaya melaksanakan program Kapolri yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan atau yang biasa disebut dengan Presisi.

Zulkifli menambahkan bahwa masyarakat atau pengendara bermotor juga harus lebih berhati-hati dan taat lalu lintas saat berkendaraan sehingga tidak berujung pada kecelakaan.

Baca juga: Polres Kupang gelar operasi Turangga 2022

Masyarakat atau pengendara bermotor diimbau juga untuk membawa surat-surat yang lengkap, lalu juga menggunakan pengaman kepala serta tetap menggunakan masker.

Baca juga: Kapolda NTT : Pakai Helm harus jadi kebiasaan seperti menggunakan masker

"Apalagi saat ini COVID-19 masih tetap ada di daerah kita," ujar dia.