Gubernur Laiskodat minta operasi pasar digelar secara rutin

id operasi pasar,pengendalian harga pasar,harga bahan pokok,pasokan kebutuhan pokok,inflasi NTT,Gubernur NTT,NTT,TPID NTT

Gubernur Laiskodat minta operasi pasar digelar secara rutin

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Operasi pasar harus rutin dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di masyarakat pada bulan Ramadhan ini termasuk hingga Hari Raya Idul Fitri dan Paskah
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) provinsi maupun kabupaten/kota menggelar operasi pasar secara rutin untuk memastikan ketersediaan bahan pokok pada momentum hari raya keagamaan.

"Operasi pasar harus rutin dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di masyarakat pada bulan Ramadhan ini termasuk hingga Hari Raya Idul Fitri dan Paskah," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu, (9/4).

Ia menjelaskan kondisi inflasi di NTT masih berada pada kondisi yang menggembirakan yang tercatat hingga triwulan IV 2021 sebesar 1,67 persen year on year (yoy) atau melandai dibandingkan triwulan III 1,74 persen yoy.

Kondisi inflasi di 2022 ini, kata dia harus terus dijaga dengan memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok memadai di masyarakat sehingga menekan kenaikan harga.

TPID provinsi dan kabupaten/kota, kata dia, perlu terus gencar melakukan berbagai kegiatan pemantauan dan pengawasan harga barang kebutuhan pokok pada momentum hari raya keagamaan.

Ia mengatakan inspeksi mendadak terhadap harga atau persediaan bahan pokok di pasar dan gudang distribusi harus dilakukan secara rutin dengan strategi 4k, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

Lebih lanjut, Gubernur Viktor mengatakan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi NTT, semangat kolaboratif dan inovatif harus terus dikembangkan.

Pemerintah provinsi, kata dia, terus mendukung tumbuhnya sinergi antarberbagai pemangku kepentingan. Berbagai sektor jasa keuangan seperti perbankan dan koperasi juga harus bergandengan tangan memberikan stimulan-stimulan yang dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat NTT.

Baca juga: Pemkab Manggarai batasi jam operasi pasar tradisional

Baca juga: Pemkot Kupang pastikan tidak ada operasi pasar jelang Natal


Ia menambahkan, inovasi harus terus dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kerja keras melalui strategi pentahelix dengan membangun sinergi yang kokoh antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, perguruan tinggi, dan media masa.