BUMN salurkan bantuan sosial untuk warga Pulau Rote

id BUMN

BUMN salurkan bantuan sosial untuk warga Pulau Rote

Menteri BUMN Rini M Soemarno (kanan) menyaksikan pemberian bantuan oleh sembilan Dirut BUMN kepada Bupati Rote Ndao Lens Haning di Desa Oebela, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote, NTT, Senin (13/8). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

Sedikitnya sembilan BUMN menyalurkan bantuan sosial senilai Rp2,2 miliar bagi warga Pulau Rote di Desa Oebela, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Senin (13/8).

Pulau Rote, NTT (AntaraNews NTT) - Sedikitnya sembilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyalurkan bantuan sosial senilai Rp2,2 miliar bagi warga Pulau Rote di Desa Oebela, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang merupakan gerbang terselatan Indonesia itu.

Menteri BUMN Rini M Soemarno saat memberikan kata sambutannya di hadapan ratusan warga Desa Oebela, Senin (13/8)  menyampaikan apresiasinya kepada seluruh BUMN yang terlibat dalam pemberian bantuan tersebut.

“Terima kasih bagi semua BUMN yang sudah memberikan kepeduliannya. Saya yakin bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan saya akan terus mendorong agar BUMN-BUMN terus meningkatkan kepeduliannya bagi masyarakat yang berada di wilayah terdepan Indonesia,“ kata Rini.

Sejumlah BUMN yang memberikan bantuan sosial tersebut adalah PT LEN Industri, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, PT PLN, PT Pegadaian, PT Pertamina, PT Telkom Indonesia dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Ia mengatakan bahwa kehadiran BUMN di tengah masyarakat Indonesia hendaknya bukan hanya mencetak keuntungan saja, namun juga ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga: BUMN Hadir - Menteri BUMN harapkan peserta SMN jaga NKRI
 

Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) menandatangani BTS untuk Sistem Telekomunikasi Pulau Terdepan disaksikan Direktur Utama PT Len Industri Zakky Gamal Yasin (kanan), Bupati Rote Ndao Lens Haning (kedua kiri) dan Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Dhia Anugerah F saat peresmian BTS pulau terluar di desa oebela. (Foto Antara/Kornelis Kaha) (Foto Antara/Kornelis Kaha/)

“Salah satunya adalah membantu masyarakat di setiap daerah, seperti yang dilakukan hari ini di Pulau Rote yang merupakan gerbang terselatan Indonesia," katanya menambahkan. 

Sejumlah bantuan yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Rote Ndao itu antara lain berupa lampu penerangan jalan umum yang memanfaatkan tenaga surya, pemberian pompa air, pemberian lampu sehen di rumah warga, layanan perbankan hingga sarana dan prasarana ibadah. 

Tak hanya itu demi mendukung tugas personel TNI di pulau terluar seperti di Pulau Dana Rote, Pulau Salunga dan Mangudu di Sumba Timur serta Pulau Batek di Kabupaten Kupang, BUMN Hadir Untuk Negeri juga memberikan bantuan berupa mesin genset, motor gerobak serta kompresor. 

Kepala Desa Oebela Simson M Hanas mengatakan pemberian bantuan itu sangat membantu masyarakat di desa itu khususnya dalam hal penerangan. “Mewakili masyarakat desa, saya ingin sampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah pada hari ini,” tuturnya.

Ia mengharapkan agar ke depannya listrik di daerah tersebut bisa segera dibangun mengingat sampai dengan saat ini desa tersebut belum mendapatkan jaringan listrik dari PLN.

Baca juga: BUMN Hadir - Malam Persahabatan Menteri BUMN dengan SMN