KPU Kota Kupang mulai mendata pemilih pemula di sekolah

id pendataan pemilih,pemutakhiran data pemilih,pemilih Kota Kupang,KPU Kota Kupang,NTT

KPU Kota Kupang mulai mendata pemilih pemula di sekolah

Perwakilan KPU Kota Kupang berpose bersama pimpinan sekolah Madrasah Aliyah Negeri Kupang dalam kegiatan pendataan pemilih pemula dari kalangan pelajar di sekolah itu. (ANTARA/HO-KPU Kota Kupang)

...Kami berkunjung dan mendata para pelajar di Kota Kupang untuk menjamin hak pilih para siswa sebagai pemilih pemula atau pemilih milenial sehingga nantinya bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu atau Pemilihan ke depan
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, mulai mendata para pelajar sekolah di kota setempat yang telah memenuhi syarat menjadi pemilih sebagai  langkah pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

"Kami berkunjung dan mendata para pelajar di Kota Kupang untuk menjamin hak pilih para siswa sebagai pemilih pemula atau pemilih milenial sehingga nantinya bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu atau Pemilihan ke depan," kata Komisioner KPU Kota Kupang Divisi Perencanaan Data dan Informasi Zunaidin Harun dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (3/6/2022).
 
Ia menyampaikan hal itu berkaitan langkah KPU Kota Kupang melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di kalangan pelajar.

Ia menyebutkan sejumlah sekolah di Kota Kupang yang dikunjungi untuk pendataan pemilih pemula yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 6 dan SMA Giovani serta Madrasah Aliyah Negeri.

Sekolah-sekolah yang menjadi sasaran pendataan, kata dia adalah yang telah melakukan perekaman KTP elektronik.

Zainudin mengatakan data pemilih ini merupakan hal yang penting atau utama dalam pelaksanaan pemilu dan pemilihan.

Oleh sebab itu kegiatan pemutakhiran ini dilakukan lebih awal untuk mendapatkan data pemilih yang lebih akurat dan komprehensif.

Ia menyebutkan salah satu persoalan data pemilih yang ingin kita minimalisir adalah pada kelompok pemilih pemula atau milenial yaitu pemilih yang baru berusia 17 tahun.

Baca juga: KPU Kota Kupang usulkan dana Rp34,9 miliar untuk Pilkada 2024

"Karena itulah kami jemput bola dengan berkunjung langsung ke sekolah-sekolah untuk mendata para pelajar," katanya.

Baca juga: KPU Nagekeo usul anggaran Pilkada 2024 senilai Rp46 miliar

Ia menambahkan sebelumnya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan juga dilakukan dengan berkunjung langsung ke kelurahan-kelurahan di Kota Kupang.