Kemenkeu: 46 desa di TTS belum tersalurkan dana desa

id penyaluran Dana Desa NTT,Dana Desa belum tersalurkan,masalah Dana Desa,Dana Desa NTT,Dana Desa TTS,DJPb NTT,Kemenkeu,TTS

Kemenkeu: 46 desa di TTS belum tersalurkan dana desa

Ilustrasi - Pemerintah Desa Pagomogo, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa berupa uang tunai senilai Rp900 ribu kepada warga, Jumat (24/6/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

...Penyaluran dana desa di 46 desa itu belum terealisasi karena terlambat menyelesaikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) hingga batas waktu terakhir pada 23 Juni
Kupang (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat sebanyak 46 desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Pulau Timor, belum tersalurkan anggaran dana desa hingga Juni 2022.

"Penyaluran dana desa di 46 desa itu belum terealisasi karena terlambat menyelesaikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) hingga batas waktu terakhir pada 23 Juni," kata Kepala Kantor Wilayah DJPb Kemenkeu NTT Catur Ariyanto Widodo saat dikonfirmasi di Kupang, Senin, (27/6/2022).

Ia mengatakan pihaknya memberikan perhatian khusus untuk mendorong pemerintah kabupaten hingga desa agar meningkatkan penyaluran anggaran dana desa.

TTS merupakan kabupaten yang mendapat alokasi dana desa 2022 tertinggi di NTT sebesar Rp278,44 miliar untuk sekitar 260 desa di kabupaten itu.

Namun demikian, penyaluran yang terealisasi hingga Juni 2022 masih yang paling rendah yaitu 9,30 persen.

Catur menjelaskan keterlambatan dalam penyelesaian APBDes menjadi kendala utama sebagai dampak dari pergantian kepala desa yang baru dilantik pada awal 2022.

"Jadi mereka terlambat menyelesaikan rencana kerja pemerintah desa yang menjadi rujukan untuk APBDes," katanya.

Ia mengatakan dana desa yang belum tersalurkan merupakan anggaran reguler, sedangkan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa tetap berjalan.

Baca juga: 164 KK Desa Pagomogo Nagekeo terima BLT Dana Desa

Catur mendorong pemerintah pemerintah kabupaten agar mendampingi desa-desa tersebut untuk mempercepat penyelesaian kendala yang terjadi.

Baca juga: Kemenkeu catat penyaluran Dana Desa di NTT Rp545,8 miliar

"Anggaran dana desa tentu sangat diharapkan masyarakat desa untuk percepatan pembangunan dan menggerakkan perekonomian di desa," katanya.