Bhayangkari Polres Sikka lakukan deteksi dini kanker

id bhayangkari,hut bhayangkara,sikka,NTT

Bhayangkari Polres Sikka lakukan deteksi dini kanker

Ketua Bhayangkari Sikka drg Ayu Nelson dan tim medis sedang melakukan skrinning deteksi dini kanker payudara pada seorang ibu Bhayangkari di Aula Mapolres Sikka, NTT, Rabu (29/6/2022) (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

...Pemeriksaan ini merupakan langkah awal deteksi dini kanker payudara, karena angka penderita kanker payudara di Kabupaten Sikka cukup tinggi, mencapai 112 kasus
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Bhayangkari Kepolisian Resor Sikka, Nusa Tenggara Timur, melakukan pemeriksaan dan deteksi dini kanker payudara serta penyakit tidak menular lain pada jajaran Bhayangkari Sikka, Jalasenastri Maumere dan Persit Sikka, menjelang Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara 1 Juli 2022.

"Pemeriksaan ini merupakan langkah awal deteksi dini kanker payudara, karena angka penderita kanker payudara di Kabupaten Sikka cukup tinggi, mencapai 112 kasus," kata Ketua Bhayangkari Sikka drg Ayu Nelson dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Rabu, (29/6/2022).

Pemeriksaan dini kanker payudara dan penyakit tidak menular itu berlangsung di Aula Mapolres Sikka dan dikemas dalam bentuk seminar.

Ayu mengatakan pemeriksaan deteksi dini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup sehat dan para perempuan bisa terhindar dari kanker payudara, kanker leher rahim (serviks) dan penyakit lainnya.

Baca juga: Polda NTT berikan bantuan 1.000 paket sembako bagi keluarga kurang mampu

Dia menyebutkan pentingnya pencegahan sedini mungkin ketimbang pengobatan. Apalagi banyak kasus kanker baru disadari pada stadium lanjut. Oleh karena itu Ayu mengajak para perempuan dan ibu untuk memeriksakan diri sedini mungkin dan tidak perlu takut dengan pemeriksaan yang akan dilalui.

Baca juga: Polda NTT gelar lomba mural sambut Hut Bhayangkara

Menurutnya, jika ada peningkatan kesadaran warga Kota Maumere untuk mendeteksi dini penyakit kanker maka penanganan yang diberikan tidak akan terlambat.

Pada kesempatan itu Ayu ingin pemeriksaan dan deteksi dini bisa menyasar masyarakat umum. Dia pun meminta dukungan pemerintah daerah untuk menyebarluaskan informasi terkait deteksi dini kepada masyarakat.