Waspadai diare dan ispa di Kota Kupang

id Sri

Waspadai diare dan ispa di Kota Kupang

Sri Wahyuningsih

Dinas Kesehatan Kota Kupang mengimbau warga masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini untuk waspada terhadap penyakit diare dan ispa (infeksi saluran pernapasan atas) selama musim kemarau berlangsung.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Kesehatan Kota Kupang mengimbau warga masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini untuk waspada terhadap penyakit diare dan ispa (infeksi saluran pernapasan atas) selama musim kemarau berlangsung.

"Pada saat cuaca panas seperti ini rawan berjangkit penyakit diare dan ispa, sehingga diperlukan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari serangan penyakit," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang Sri Wahyuningsih kepada Antara di Kupang, Jumat (28/9).

Ia menjelaskan, penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ispa) dan diare mudah menyerang dan menular kepada orang lain sehingga dibutuhkan antisipasi dini agar terhindar dari kedua penyakit itu.

"Anak-anak sangat rentan terserang dua penyakit itu sehingga pada musim kemarau kesehatan anak-anak perlu diperhatikan secara serius oleh para orang tua," kata Sri.

Ia menambahkan pada musim kemarau selalu saja terjadi angin kencang yang menyebarkan debu yang bisa mengangu pernafasan dan makanan pun terkontaminasi penyakit.

Meski saat ini Kota Kupang sedang dilanda musim kemarau, namun belum ada penyakit diare dan ispa yang menyerang masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.