Dinkes Kupang: 2.035 nakes sudah terima vaksin COVID-19 dosis pertama

id NTT,vaksinasi,vaksinasi boster,vaksinasi penguat

Dinkes Kupang: 2.035 nakes sudah terima vaksin COVID-19 dosis pertama

Seorang petugas kesehatan di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur sedang melakukan pemberian vaksinasi bagi warga setempat beberapa waktu lalu. (ANTARA/Benny Jahang)

...Apabila dilihat dari data yang ada, semua tenaga kesehatan di Kabupaten Kupang telah menerima vaksin COVID-19
Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan 2.035 tenaga kesehatan (nakes) di wilayah setempat telah menerima vaksinasi dosis pertama COVID-19.

"Berdasarkan data yang diterima Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19, cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi tenaga kesehatan cukup tinggi, yaitu 2.035 orang," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Kupang Benny Selan di Kupang, Kamis, (4/8/2022).

Benny Selan menyebutkan tenaga kesehatan, seperti dokter, bidan, perawat yang telah menerima vaksinasi COVID-19 sebanyak 2.035 atau sekitar 130,63 persen dari sasaran sekitar 1.750 nakes.

Menurut dia, untuk tenaga kesehatan yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua mencapai 1.970 orang atau 126,44 persen dan dosis penguat mencapai 1.543 orang atau 99,04 persen.

"Apabila dilihat dari data yang ada, semua tenaga kesehatan di Kabupaten Kupang telah menerima vaksin COVID-19," ucapnya.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Kupang terus mendorong tenaga kesehatan yang belum melakukan vaksinasi dosis kedua dan dosis penguat untuk segera melakukan vaksinasi, sehingga bisa melindungi dari paparan virus corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert Amheka mengatakan pemberian vaksin COVID-19 bagi tenaga kesehatan dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan di Puskesmas maupun rumah sakit.

Ia mengemukakan Dinas Kesehatan juga sedang mempersiapkan pemberian vaksin COVID-19 untuk dosis penguat kedua bagi tenaga kesehatan.

Menurutnya, pemberian vaksinasi penguat kedua dilakukan terhadap para tenaga kesehatan yang telah menerima vaksinasi dosis penguat pertama.

Baca juga: Satgas: 14.537 lansia di Kota Kupang sudah divaksinasi COVID-19

Baca juga: Vaksinasi penguat kedua untuk nakes mulai dilaksanakan Jumat