Satgas: 14.537 lansia di Kota Kupang sudah divaksinasi COVID-19

id NTT,vaksinasi covid-19,COVId-19 kota kupang

Satgas: 14.537 lansia di Kota Kupang sudah divaksinasi COVID-19

Warga Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan vaksinasi COVID-19 guna mencegah paparan virus Corona beberapa waktu lalu. ANTARA/Benny Jahang

Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan masih terus memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 di semua Puskesmas dan rumah sakit...
Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan 14.537 orang warga lanjut usia (lansia) yang berdomisili di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur telah mendapat suntikan vaksinasi dosis pertama COVID-19.

"Warga lansia yang telah menerima vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama mencapai 14.537 orang atau 62,81 persen dari 20.000 lebih warga lanjut usia wajib vaksinasi di Kota Kupang," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kupang, Ernest Ludji di Kupang, Kamis, (28/7/2022).

Ernest Ludji mengatakan hal itu terkait upaya percepatan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia dalam mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19.

Ia menjelaskan warga lansia yang telah menerima suntikan vaksinasi COVID-19 merupakan warga Kota Kupang berdasarkan dokumen kependudukan yaitu kartu tanda penduduk (KTP) tempat domisili.

Menurut Ernest Ludji warga lansia yang telah menerima vaksinasi dosis kedua mencapai 12.882 orang atau 55,66 persen sedangkan yang telah menerima vaksinasi dosis penguat baru mencapai 5.206 orang atau 22.40 persen.

Dia menambahkan pemerintah Kota Kupang terus mendorong warga lansia untuk melakukan vaksinasi COVID-19 karena lansia masuk dalam kelompok rentan terpapar COVID-19.

"Bagi warga lansia yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama agar segera melakukan vaksinasi dosis kedua dan dosis penguat agar daya tahan tubuh lebih memadai dalam menghadapi paparan virus Corona yang masih ditemukan di Kota Kupang," kata Ernest Ludji.

Ernest Ludji mengatakan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan masih terus memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 di semua Puskesmas dan rumah sakit.

"Kami terus mendorong warga Kota Kupang yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 untuk segera vaksinasi baik dosis pertama, kedua dan dosis penguat,sehingga bisa membentengi diri dari paparan virus Corona, apalagi syarat perjalanan dengan menggunakan pesawat udara saat ini wajib vaksinasi dosis penguat," kata Ernest Ludji.

Baca juga: Nagekeo inovasi layanan vaksinasi COVID-19 lewat penyaluran BLT

Baca juga: Vaksinasi penguat kedua untuk nakes mulai dilaksanakan Jumat