Pemerintah Bantu Rumah Murah Bagi Warga Kupang

id Ronny

Pemerintah Bantu Rumah Murah Bagi Warga Kupang

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kupang, Ronny Prasodjo (AntaraNewsNTT/Benny Jahang)

 "Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan rumah murah bagi masyarakat Kabupaten Kupang yang direalisasikan pada 2019. Rumah murah itu diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,
Kupang, (AntaraNewsNTT)- Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapat bantuan senilai Rp28 miliar untuk pembangunan 1.625 unit rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu.

 "Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan rumah murah bagi masyarakat Kabupaten Kupang yang direalisasikan pada 2019. Rumah murah itu diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah," kata Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kupang, Ronny Prasodjo di Oelamasi, Kamis.

Pembangunan rumah murah sebanyak 1.625 unit itu tersebar di 65 desa dan setiap desa dialokasikan 25 unit rumah dengan ukur rumah 6x6 meter.

Ronny mengatakan, satu unit rumah dibangun dengan anggaran Rp17.500.000/unit terdiri dari pembangunan rumah Rp15.000.000/unit dan biaya pekerjaan rumah Rp2,5 juta.Ia mengatakan, dana Rp17.500.000 itu dipergunakan untuk membeli bahan bangunan seperti seng, semen dan paku serta besi beton.

Menurut dia, masyarakat penerima manfaat perlu melakukan pengadaan bahan bangunan secara mandiri seperti kayu untuk kebutuhan atap rumah, pasir serta batu.

Ronny menambahkan, pembangunan rumah dilakukan di atas lahan milik masyarakat yang sudah memiliki status hukum yang jelas.

 "Kami tidak bisa membangun rumah di atas lahan yang bermasalah, sehingga status hukum harus jelas dibuktikan dengan sertifikat hak milik," kata Ronny.

Menurut dia, bantuan pembangunan rumah sederhana bagi masyarakat di Kabupaten Kupang telah berlangsung tiga tahun, yaitu tahun 2017 sebanyak 604 unit rumah dan tahun 2018 sebanyak 400 unit rumah dan tahun 2019 mendatang mendapat bantuan 1.625 unit rumah.