Dibentuk Pos Karantina Ikan di Sumba

id ikan kaleng

Dibentuk Pos Karantina Ikan di Sumba

Susi Pudjiastuti

Balai Karantina Ikan Kupang membentuk Pos Karantina Ikan di Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur, NTT setelah daerah itu sebagai pusat pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu.
Kupang (Antara NTT) - Balai Karantina Ikan Kupang membentuk Pos Karantina Ikan di Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur, NTT setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan menetapkan daerah itu sebagai pusat pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

"Tahun 2018 kita memiliki lagi satu pos karantina ikan di Sumba Timur, karena Menteri Susi Pujiastuti telah menetapkan daerah itu sebagai SKPT dalam mendorong percepatan kesejahteraan hidup nelayan daerah itu," kata Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Stasiusn KIPM Kelas I Kupang Edi Santoso di Kupang, Minggu.

Ia mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memprioritaskan pembangunan pulau-pulau terluar dan kawasan perbatasan sebagai sentra kelautan dan perikanan terpadu dengan basis sektor kelautan dan perikanan sebagai penggerak utama dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Edi menjelaskan balai Karantina Ikan terus melakukan pengawasan terhadap lalu lintas ikan di NTT agar produk ikan yang dikirim dari provinsi berbasis kepulauan itu merupakan produk ikan yang sehat.

Menurut dia, pos karantina ikan telah dibentuk di beberapa wilayah di NTT yaitu di Pelabuhan Laut Tenau, Kota Kupang, Rote, serta tiga pos karantina ikan di pos lintas batas negara (PLBN) di Mota Ain, Metamasin, dan Wini serta satu pos karantina di Maumere, Pulau Flores.

"Kita sudah memiliki tiga pos Karantina Ikan di pos perbatasan NTT-Timor Leste untuk memantau lalu lintas produk perikanan lintas negara yang masuk ke negara Timor Leste, sehingga produk ikan yang dilarang tidak sampai lolos ke negara itu," kata Edi Santoso.

Karantina Ikan Kupang juga melakukan kerja sama dengan otoritas bandara dengan membangun pos karantina di kawasan bandara internasional El Tari.

Sedangkan pada tahun 2018 akan dibangun satu pos karantina ikan yang berpusat di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, setelah daerah ini ditetapkan sebagai sentra kelautan dan perikanan Terpadu (SKPT) yang merupakan program prioritas Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan nelayan di daerah pulau Sumba yang terkenal sebagai daerah penghasil rumput laut yang berkualitas.