Program Prorakyat Dilanjutkan

id prorakyat

Program Prorakyat Dilanjutkan

Jefri Riwu Kore

Program prorakyat yang diwariskan pemerintahan wali kota sebelumnya tetap dilanjutkan, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.
Kupang (Antara NTT) - Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menegaskan program prorakyat yang diwariskan pemerintahan wali kota sebelumnya tetap dilanjutkan, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

"Program prorakyat yang baik bagi rakyat, tentu akan kami lanjutkan," kata Jefri di Kupang, Kamis, saat ditanya sikapnya atas seluruh program prorakyat yang sedang berjalan dan tengah dinikmati oleh masyarakat yang diletakan pemerintahan Wali Kota Kupang sebelumnya Jonas Salean.

Menurut dia, semua program dan kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat akan tetap dilanjutkan. Namun, perlu juga ditambah dengan program-program lain yang juga dibutuhkan masyarakat tapi belum dilakukan.

Wali Kota Jefri mengatakan semua program yang berkaitan dengan kepentingan pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tetap akan dilanjutkan oleh pemerintahannya.

Sebelum meletakkan jabatannya, Wali Kota Kupang periode 2012-2017 Jonas Salean berharap akan ada sinergitas dan keberlanjutan program prorakyat yang sudah dilakukan selama lima tahun sebelumnya.

Menurut Jonas seluruh program prorakyat yang dicetuskan dan diimplementasi selama lima tahun berjalan dan didukung DPRD Kota Kupang itu selayaknya dilanjutkan karena masih sangat dibutuhkan dan masih kontekstual untuk warga di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Program prorakyat yang diletakkan Jonas Salean itu meliputi pemberian beras sejahtera (rastra) secara gratis kepada 15.000 lebih kepala keluarga penerima manfaat yang berbasis nasional dan daerah.

Di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, ada program penyaluran dana pemberdayaan ekonomi senilai Rp1 miliar untuk setiap kelurahan yang sudah merangkum hampir 11.000 pemilik usaha kecil menengah di 51 kelurahan dan enam kecamatan di Kota Kupang.

Bidang kesehatan ada Brigade Kupang Sehat (BKS) yang melakukan layanan emergensi bergerak ke rumah warga dengan peralatan dan tim dokter beserta paramedisnya dengan layanan 24 jam gratis, serta layanan KTP Sehat gratis.

Selanjutnya di bidang pendidikan ada bantuan dana pendidikan bagi mahasiswa keluarga miskin untuk melanjutkan studinya selama empat tahun dengan setiap tahunya diberikan dana senilai Rp2.500.000 per orang.

Ada juga bantuan sosial seperti dana duka bagi warga miskin senilai Rp3 juta, dana rumah layak huni Rp25 juta per unit rumah dan bantuan lainnya. 

Dalam pandangan Jonas Salean, esensi berpemerintahan adalah bagaimana memenuhi kebutuhan warga untuk mencapai kesejahteraannya. Atas dasar itu, ia meletakkan program-program prorakyat tersebut.