BPOLBF ingatkan wisatawan pastikan operator wisata terlatih

id bpolbf,boplbf,labuan bajo,manggarai barat,ntt

BPOLBF ingatkan wisatawan pastikan operator wisata terlatih

Ilustrasi - Kapal-kapal yang bersandar di Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Wisatawan bisa memastikan operator wisata terlatih dalam situasi darurat. Ada pelatihan dan sertifikasi untuk menjamin hal tersebut...
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mengingatkan wisatawan untuk memastikan perjalanan wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, ditemani oleh operator wisata yang terlatih agar selalu siap dalam menghadapi situasi darurat.

"Wisatawan bisa memastikan operator wisata terlatih dalam situasi darurat. Ada pelatihan dan sertifikasi untuk menjamin hal tersebut," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina di Labuan Bajo, Rabu, (25/1/2023).

Dia mengatakan hal tersebut bisa menjadi salah satu bentuk antisipasi keamanan dan kenyamanan sebelum berwisata ke Labuan Bajo. Informasi ini berkaitan pula dengan referensi agen perjalanan wisata yang resmi di Labuan Bajo.

Shana mengingatkan agar wisatawan terlebih dahulu mengecek legalitas travel agent/tour operator, salah satunya harus terdaftar resmi di Kabupaten Manggarai Barat dan anggota asosiasi pariwisata. Selanjutnya kapal yang layak tersebut harus memenuhi semua persyaratan layak membawa penumpang, memiliki safety briefing wajib, rencana evakuasi, dan staf yang terlatih apabila terjadi situasi darurat.

Dia mengakui kecelakaan kapal tidak bisa terhindarkan dan diprediksi terlebih dahulu. Namun, berbagai langkah antisipasi bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko kejadian kecelakaan saat berwisata. Dia mengimbau wisatawan untuk tidak mudah tergoda jasa perjalan wisata yang murah dan tidak jelas, serta pengecekan ulasan sebelum memilih agen.

"Saat ini kami juga lengkap dengan tim penanganan kedaruratan lintas lembaga, sehingga akan ditangani dengan sebaik mungkin," ungkap Shana.

Dia berharap pengetahuan legalitas agen perjalanan yang dimiliki wisatawan dapat menjamin keamanan dan keselamatan wisatawan. Dengan demikian wisatawan dapat menikmati perjalanan wisata dengan nyaman di Labuan Bajo.

"Ada risiko untuk berwisata outdoor. Sebaiknya gunakan asuransi wisata sehingga bisa membantu apabila terjadi sesuatu," kata Shana.

Baca juga: Anggota DPRD NTT minta polisi usut kapal wisata tenggelam di Labuan Bajo

Baca juga: Polisi sebut Kapal wisata tenggelam di Labuan Bajo berstatus barang bukti