Bupati Masneno sebut pelayanan kesehatan ibu dan bayi melahirkan makin berkualitas

id NTT,kesehatan,ibu melahirkan,bayi lahir,kesehatan ibu dan anak

Bupati Masneno sebut pelayanan kesehatan ibu dan bayi melahirkan makin berkualitas

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno (ANTARA/Benny Jahang)

...Penandatanganan MoU jejaring sistem rujukan antar kabupaten/kota yang telah dilakukan enam kepala daerah dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir di Provinsi NTT
Kupang (ANTARA) - Bupati Kupang Korinus Masneno mengatakan kerjasama dalam bidang kesehatan yang telah dilakukan enam kabupaten/kota dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Penandatanganan MoU jejaring sistem rujukan antar kabupaten/kota yang telah dilakukan enam kepala daerah dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir di Provinsi NTT," kata Bupati Korinus Masneno di Kupang, Senin, (6/2/2023).

Bupati Korinus Masneno mengatakan hal itu terkait manfaat kerjasama antar enam kabupaten/kota di NTT dalam penanganan kesehatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir yaitu Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Alor, Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Sabu Raijua.

Kesepakatan yang digagasi USAID merupakan salah satu dukungan pemerintah Amerika Serikat melalui Program Usaid Momentum kepada Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di Provinsi NTT.

Bupati Kupang, Korinus Masneno mengatakan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani itu akan menjadi tolok ukur keberhasilan seluruh Pemerintah Daerah dalam menjamin terselenggaranya sistem rujukan layanan kesehatan paling esensial.

Menurut Bupati Korinus Masneno, melalui kerjasama yang dilakukan enam kepala daerah itu menjadi indikator pelayanan yang terdapat dalam bidang kesehatan bisa lebih di tingkatkan secara kolektif di enam daerah yang bekerjasama.

"Kami di Kabupaten Kupang sangat antusias untuk melakukan kerjasama dengan daerah-daerah yang ada, terutama yang berbatasan langsung demi untuk meningkatkan kinerja layanan publik dan peningkatan ekonomi daerah," kata Bupati Korinus Masneno.

Pemerintah Kabupaten Kupang kata dia sangat berterima kasih kepada Chief of Party Usaid Momentum, Djoko Sutikno beserta jajarannya yang telah berinisiatif dilakukannya kerjasama dalam pelayanan kesehatan di enam kabupaten/kota itu.

Sementara itu Chief of Party Usaid Momentum, Djoko Sutikno mengatakan kerjasama yang dilakukan enam kabupaten/kota di NTT itu merupakan salah satu strategi untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak di Provinsi NTT.

"Dengan membangun dan memperkuat jejaring sistem rujukan untuk pelayanan yang tepat waktu, memperkuat tata kelola sistem rujukan dan meningkatkan keterlibatan aktif masyarakat dalam perawatan ibu dan bayi baru lahir. Dukungan dari Bupati/wali kota merupakan cita-cita bersama dalam rangka mendapatkan generasi yang sehat dan kuat," tegas Djoko Sutikno.

Baca juga: Artikel - Rekam jejak penyebab stunting pada anak
Baca juga: Artikel - Kemensos tumbuhkan harapan kesembuhan anak di NTT