Puan Maharani gandeng IMM perangi stunting di Sukabumi

id halopuan,stunting jawa barat,puan maharani

Puan Maharani gandeng IMM perangi stunting di Sukabumi

Lembaga sosial Ketua DPR RI Puan Maharani, HaloPuan, kembali bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengatasi masalah kekerdilan (stunting) pada anak di Sukabumi, Jawa Barat. (ANTARA/HO-HaloPuan)

Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan praktik kebersihan yang baik seringkali menjadi penyebab utama dari berbagai masalah kesehatan ini...
Kupang (ANTARA) - Lembaga sosial Ketua DPR RI Puan Maharani, HaloPuan, kembali bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengatasi masalah kekerdilan (stunting) pada anak di Sukabumi, Jawa Barat.

Kerja sama penanganan stunting kami kami lakukan melalui kegiatan bertajuk "Mahasiswa Peduli Stunting: Mengolah daun kelor menjadi asupan super", dipusatkan di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi pada 15 Maret 2023, yang dihadiri oleh 168 mahasiswa UMMI dari Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora dan Fakultas Kesehatan.

Para peserta memperoleh penyuluhan tentang stunting dari Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners UMMI, Ria Andriani, serta informasi dari HaloPuan tentang manfaat super bubuk daun kelor dalam menjaga keseimbangan gizi.

Koordinator HaloPuan, Poppy Astari, mengatakan kegiatan ini penting karena salah satu penyebab masih tingginya angka stunting di Indonesia antara lain adalah masih kurangnya asupan gizi di kalangan remaja, khususnya remaja putri.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan 32 persen remaja putri di Indonesia masih mengalami kekurangan energi kronik. 

Faktor penyebab lainnya adalah pernikahan di usia muda sehingga terjadi kehamilan di bawah usia 21 tahun. Data menunjukkan 46 persen kehamilan pertama di Indonesia terjadi pada perempuan di bawah usia 21 tahun.


Masalah kesehatan remaja