Wabup Manggarai Barat ingatkan kepala sekolah pahami juknis BOS

id dapodik,labuan bajo,manggarai barat,ntt,flores,yulianus weng

Wabup Manggarai Barat ingatkan kepala sekolah pahami juknis BOS

Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng (ANTARA/HO-Kominfo Manggarai Barat)

...Pahami juknis dan cek setiap laporan pertanggungjawaban yang ada, karena semuanya harus mengacu ke juknis, kata Wakil Bupati (Wabup) Weng di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa, (4/7/2023)
Maumere (ANTARA) - Wakil Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Yulianus Weng, mengingatkan kepala sekolah untuk memahami petunjuk teknis (juknis) pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Pahami juknis dan cek setiap laporan pertanggungjawaban yang ada, karena semuanya harus mengacu ke juknis," kata Wakil Bupati (Wabup) Weng di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa, (4/7/2023).

Weng menegaskan agar pengelolaan dana BOS tidak bertentangan dengan aturan dan juknis yang ada.

Menurutnya, setiap laporan yang diperiksa dengan teliti agar kepala sekolah dan bendahara dana BOS terhindar dari persoalan hukum yang bisa saja menjerat akibat kelalaian prosedur pengelolaan.

Wabup mengingatkan kepala sekolah agar berhati-hati dengan keberadaan oknum staf yang nakal dan melanggar aturan pengelolaan dana BOS.

Ia ingin semua pelaporan keuangan dana BOS dapat dipertanggungjawabkan sesuai tata kelola pengelolaan uang tersebut.

Lebih lanjut, Wabup Weng juga menyoroti pentingnya pendataan yang akurat sesuai keadaan di lapangan terkait data pokok pendidikan.

Baca juga: Bupati sebut "MIC" Kemenkumham tingkatkan kualitas KI Mabar

Data laporan pendidikan  adalah sistem pendataan berskala nasional yang terintegrasi dengan data kependidikan lain, sehingga menjadi penentu kemajuan sektor pendidikan pada suatu sekolah dan wilayah.

Oleh karena itu Wakil Bupati Manggarai Barat itu mengingatkan agar tidak ada rekayasa data laporan pendidikan. Kepala sekolah dan operator data laporan pendidikan, lanjutnya, harus mengisi data dengan benar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten itu.

Baca juga: Bupati Manggarai Barat instruksikan para camat awasi kasus gigitan rabies

"Jangan mengarang data yang ada pada laporan data pendidikan. Semua ditulis sesuai keadaan yang sebenarnya," ujarnya.