NTT kaya potensi energi terbarukan, kata Gubernur Laiskodat

id NTT,energi baru terbarukan,potensi EBT ,NTT kaya EBT,Pln

NTT kaya potensi energi terbarukan, kata Gubernur Laiskodat

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (ANTARA/Benny Jahang)

Dunia sedang menuju pada renewble energy dimana energi baru terbarukan dapat dipakai terus menerus dan tidak akan menyebabkan polusi...
Kupang (ANTARA) - Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan daerah yang kaya dengan potensi energi baru terbarukan (EBT) yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat.

"Provinsi NTT memiliki potensi EBT yang sangat besar yang harus dikelola dengan baik oleh anak-anak NTT sebagai generasi penerus," kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat saat melakukan tatap muka bersama generasi muda di Kabupaten Malaka seperti dalam keterangan tertulis Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT yang diterima di Kupang, Jumat, (7/7/2023).

Ia mengatakan desain pendidikan di NTT perlu dibenahi agar jangan terlalu lama di dalam kelas tetapi harus banyak belajar langsung di lapangan sehingga dapat mengenal setiap potensi daerah yang miliki.

Menurut dia para siswa bukan hanya tahu dan paham terhadap potensi daerah tapi juga harus bisa dikelola dengan baik agar potensi daerah dapat berguna bagi masyarakat.

Menurut Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat saat ini dunia menuju pada pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Provinsi NTT memiliki potensi EBT yang sangat besar dan harus mampu dikelola dengan baik oleh anak-anak sebagai generasi penerus.

“Dunia sedang menuju pada renewble energy dimana energi baru terbarukan dapat dipakai terus menerus dan tidak akan menyebabkan polusi.

Dia menambahkan EBT yang dimiliki Provinsi NTT meliputi energi matahari, energi panas bumi, potensi arus laut yang sangat baik serta energi angin merupakan sumber energi yang besar dalam mendukung pembangunan daerah.

“Pengembangan energi baru terbarukan harus bisa menjadi magnet bagi generasi muda sehingga para pemuda di NTT harus tertantang untuk belajar teknologi energi baru terbarukan dan melakukan berbagai inovasi baru,” kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Menurut dia Pemerintah NTT sedang mendorong para siswa/siswi di NTT melalui program vokasi ke Jerman untuk belajar renewble energy langsung di Jerman.

"Ketika selesai mengikuti kegiatan pendidikan di Jerman sudah menguasai ilmu dan dapat mengelola dan mengembangkan potensi EBT di NTT dengan baik demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata Viktor Bungtilu Laiskodat.


Baca juga: PLN: Perluasan PLTP Ulumbu untuk perkuat persediaan listrik seluruh Flores

Baca juga: Artikel - Menjadikan PLTS atap sumber EBT pada masa depan