PLN NTT edukasi warga Rote Ndao tentang penanganan listrik saat bencana

id pln,rote ndao,bencana,PLN edukasi warga Rote Ndao,penanganan listrik saat bencana,PLN edukasi warga Rote Ndao tentang li

PLN NTT edukasi warga Rote Ndao tentang penanganan listrik saat bencana

Team Leader K3L dari PLN Bagus Kurniyawan sedang memberikan penjelasan tentang bahaya listrik saat terjadi bencana (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT))

...Apabila bencana bersifat menyeluruh kami akan mematikan arus listrik, tetapi saat bencana hanya terjadi di wilayah tertentu saja misalnya satu desa atau kecamatan saja maka masyarakat atau siapapun yang mengetahui hal tersebut harus melaporkan kep
Kupang (ANTARA) - PT PLN ULP Rote Ndao berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut LANAL Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penanganan listrik bila terjadi bencana alam.

"Bencana alam seperti Badai Siklon Tropis, angin puting beliung, longsor dan lain-lain dapat terjadi kapan saja dan dimanapun, sehingga masyarakat perlu memahami bagaimana menangani listrik dalam situasi bencana," kata Budi Sutrisno Manager PLN ULP Rote Ndao, dalam keterangan yang diterima di Kupang, Selasa, (5/9/2023).

Pada kegiatan tersebut Budi Sutrisno Manager PLN ULP Rote Ndao yang di wakili oleh Bagus Kurniyawan (Team Leader K3L) mensosialisasikan bahaya dan manfaat listrik kepada masyarakat dari berbagai desa dan kecamatan yang hadir.

Bagus menjelaskan bahwa masyarakat harus tahu tentang bahaya listrik dan apa yang harus dilakukan apabila terjadi kecelakaan ataupun bencana alam.

"Apabila bencana bersifat menyeluruh kami akan mematikan arus listrik, tetapi saat bencana hanya terjadi di wilayah tertentu saja misalnya satu desa atau kecamatan saja maka masyarakat atau siapapun yang mengetahui hal tersebut harus melaporkan kepada PLN," katanya.

Pelaporan bisa melalui PLN Mobile atau call center. Apabila jaringan signal juga tidak nyala akibat bencana, maka diharapkan agar segera melaporkan ke petugas PLN terdekat yang ada di setiap kecamatan (Kantor Jaga) agar kami dapat memadamkan aliran listrik sehingga tidak menimbulkan bahaya listrik dampak dari bencana tersebut, kata Bagus.

"Jika terjadi jaringan listrik yang tumbang agar selalu melapor kepada PLN terdekat dan tidak mendekati konstruksi tiang tumbang karena berpotensi masih memiliki arus listrik yang membahayakan yang bisa mengancam keselamatan jiwa," katanya menjelaskan.

Nikodemus Balla selaku Komandan Pangkalan TNI AL Pulau Rote juga menegaskan bahwa betapa pentingnya pemahaman terhadap bahaya listrik apabila terjadi bencana.

"Dalam kondisi bencana, pemahaman tentang listrik, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan sangat penting, agar masyarakat, para regu penyelamat bencana, dan regu pemulihan tidak mengalami kecelakaan akibat arus listrik," ujar Nikodemus.

Baca juga: PLN NTT fasilitasi layanan kesehatan di Golo Mori

Soleman Haning warga desa Dolasi Kecamatan Rote Barat Daya mewakili masyarakat yang hadir menyampaikan terimakasih kepada LANAL Pulau Rote dan juga PLN ULP Rote yang telah memberi pelatihan kepada masyarakat dari desa dan kecamatan di Kabupaten Rote Ndao.

Baca juga: PLN berkomitmen alirkan listrik ke daerah 3T di Pulau Sumba

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Komandan LANAL Rote dan PLN Rote yang telah memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang bahaya listrik, tidak hanya bagaimana kita memanfaatkan listrik tetapi pengetahuan tentang bahaya listrik ini juga sangat penting ditengah kondisi cuaca yang tidak stabil seperti ini di pulau Rote," Ujar Soleman.