TNI AL dan Pemkab Mabar jalankan Program Kali Bersih 2023

id tni al,lanal labuan bajo,prokasih 2023,pemkab manggarai barat,lingkungan,pembersihan sampah,labuan bajo,manggarai barat,Mabar,Sampah

TNI AL dan Pemkab Mabar jalankan Program Kali Bersih 2023

Lanal Labuan Bajo bersama Pemkab Manggarai Barat dan masyarakat bersihkan sungai di Kampung Tengah, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, NTT, Selasa (5/9/2023). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Kita pasang CCTV di beberapa spot yang selama ini orang gemar buang sampah, kalau kita cek dan ada masyarakat yang buang sampah di sana, nanti diberikan tindakan yang tegas...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menjalankan Program Kali Bersih Nasional dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AL pada 10 September mendatang.

"Hari ini Program Kali Bersih dalam rangka HUT TNI AL dan kami minta sama Pak Bupati agar minimal satu bulan sekali untuk pembersihan," kata Komandan Lanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Alun Kurnianto usai pembersihan kali di Labuan Bajo, Selasa, (5/9/2023).

Program Kali Bersih (Prokasih) 2023 merupakan kegiatan serentak yang dilakukan oleh segenap anggota TNI di Indonesia.

Untuk Manggarai Barat, Prokasih dilaksanakan menggandeng Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di kawasan Kampung Tengah, Kecamatan Komodo.

Pembersihan kali (sungai) juga menjadi tanggung jawab dari TNI untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih dari sampah-sampah yang berpotensi mencemari sungai dan lautan.

Dalam gerakan pembersihan di Kampung Tengah, Labuan Bajo, sampah-sampah dibersihkan dengan dipilih dan dikumpulkan ke karung sampah untuk diangkut oleh mobil sampah milik pemerintah daerah.

Ia pun berharap masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya, bukan di tepi pantai lagi.

"Kita ingin minimal satu bulan sekali, karena ada pembuangan di tepi pantai akhirnya terbawa ke laut," ucap Alun.

Pembersihan kali dilakukan oleh segenap unsur Lanal Labuan Bajo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manggarai Barat dan masyarakat di sekitar lokasi pembersihan.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi yang terlibat dalam kegiatan tersebut berharap langkah itu menjadi edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Ia menyatakan komitmen pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan sampah dalam kota Labuan Bajo.

Baca juga: Polres Mabar dan warga sambut AMMTC lewat bersih sampah laut

Menurutnya aturan saja tidak cukup, sehingga pihaknya tengah mendesain pemasangan CCTV di beberapa titik sehingga bisa mengidentifikasi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Artikel - Membentuk karakter manusia sadar sampah

"Kita pasang CCTV di beberapa spot yang selama ini orang gemar buang sampah, kalau kita cek dan ada masyarakat yang buang sampah di sana, nanti diberikan tindakan yang tegas," katanya menegaskan.