Menkominfo: Pemberitaan positif percepat pembangunan Papua

id pembangunan papua,menkominfo,pemberitaan positif,budi arie setiadi,jurnalis papua

Menkominfo: Pemberitaan positif percepat pembangunan Papua

Menkominfo Budi Arie Setiadi (kiri) bersama Dirjen IKP Kemkominfo Usman Kansong dalam pertemuan dengan jurnalis asal Papua Barat di Jakarta, Senin. (ANTARA/Fransiskus Salu Weking)

...Jadi bukan sekedar pemberitaan tapi memberikan pemahaman bagi masyarakat, kata Menkominfo Budi Setiadi dalam pertemuan dengan jurnalis Papua Barat di Jakarta, Senin, (18/9/2023)
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan pemberitaan media massa yang positif berdampak signifikan terhadap upaya pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Papua.

"Jadi bukan sekedar pemberitaan tapi memberikan pemahaman bagi masyarakat," kata Menkominfo Budi Setiadi dalam pertemuan dengan jurnalis Papua Barat di Jakarta, Senin, (18/9/2023).

Oleh sebabnya, kata dia, jurnalis perlu meningkatkan kapasitas dan kompetensi agar pemberitaan media massa baik cetak, elektronik, dan online semakin berkualitas.

Hal ini seiring dengan perkembangan keterbukaan informasi publik dan teknologi digital yang menjadi tantangan bagi jurnalis media massa, terutama di Tanah Papua.

"Jurnalis cerdas dan media massa kuat, maka masyarakat Papua akan peroleh informasi yang bermanfaat," ucap Menkominfo.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemkominfo Usman Kansong menuturkan keberhasilan program pembangunan Papua harus ditunjang dari sisi pemberitaan media massa agar masyarakat memperoleh informasi yang komprehensif.

"Kami harap media massa terus beritakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Papua," tutur Usman Kansong.

Ia menuturkan Ditjen IKP telah mengagendakan program tahunan kunjungan jurnalis Papua ke beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Solo, dan lainnya.

Untuk tahun 2023, kata dia, peserta program kunjungan tersebut merupakan sepuluh jurnalis media cetak, online, dan elektronik, dari Papua Barat dan Papua Barat Daya.

"Program kunjungan ini bermanfaat bagi peningkatan wawasan teman-teman jurnalis," katanya.

Ia menuturkan agenda kunjungan sepuluh jurnalis di Jakarta adalah bertatap muka dengan Menkominfo Budi Arie Setiadi, Dewan Pers, LKBN ANTARA, dan koran Kompas.

Sepuluh jurnalis juga berkesempatan mengunjungi Museum Penerangan (Muspen) di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Setelah itu teman-teman jurnalis ke Bandung untuk agenda diskusi dengan Universitas Padjadjaran dan kunjungan ke dua media massa," ucapnya.

Baca juga: Wamen Kominfo sebut pemerintah bahas tiga topik terkait hak penerbit

Baca juga: Kemenkominfo panduan daring untuk publik khusus Pemilu










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkominfo: Pemberitaan positif percepat pembangunan di Tanah Papua