DPRD segera bertemu KPU bahas komisioner KPU NTT

id Proklamasi

DPRD segera bertemu KPU bahas komisioner KPU NTT

Ketua Komisi I DPRD Nusa Tenggara Timur Proklamasi Ebu Tho. (ANTARA Foto/dok)

Komisi I DPRD NTT segera menggelar pertemuan dengan KPU Pusat untuk membahas masalah calon komisioner KPU NTT yang hingga saat ini belum juga ditetapkan, padahal Pemilu 2019 sudah di depan mata.
Kupang (ANTARA News NTT) - Komisi I DPRD Nusa Tenggara Timur segera menggelar pertemuan dengan KPU Pusat untuk membahas masalah calon komisioner KPU NTT yang hingga saat ini belum juga ditetapkan, padahal Pemilu 2019 sudah di depan mata.

"Kami berencana ke Jakarta pada awal Februari 2019 untuk bertemu dengan KPU Pusat guna  membahas masalah calon komisioner KPU NTT yang hingga kini belum juga diputuskan," kata Ketua Komisi I DPRD NTT Proklamasi Ebu Tho di Kupang, Sabtu (26/1).

Komisi I DPRD NTT tampak sedikit geram, karena KPU Pusat belum juga menetapkan komisioner KPU NTT, padahal 10 nama calon anggota KPU NTT sudah diserahkan beberapa waktu lalu. Kondisi dikahawatirkan bisa mengganggu tahapan Pemilu 2019 di NTT.

Menurut Proklamasi, DPRD NTT telah mengambil langkah awal dengan mengundang Sekretariat KPU NTT untuk melakukan dengar pendapat mengenai masalah calon anggota KPU NTT.

Dalam dengar pendapat itu, DPRD NTT juga telah meminta Sekretariat KPU untuk melakukan koordinasi dengan KPU RI, tetapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

Karena itu, kata dia, DPRD NTT memandang penting untuk bertemu langsung dengan KPU RI untuk mendengar penjelasan dan alasan yang menyebabkan belum ditetapkan komisioner KPU NTT.

Sekretaris KPU NTT Ubaldus Gogi yang dikonfirmasi terpisah mengatakan lima anggota KPU NTT periode sebelumnya telah mengakhiri masa bhakti pada 27 Desember 2018, sehingga tugas, kewenangan, dan kewajiban KPU NTT diambil alih oleh KPU Pusat.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi Calon KPU NTT Djidon de Haan mengatakan, telah menyerahkan 10 nama calon anggota KPU NTT ke KPU Pusat pada November 2018, setelah tim seleksi melakukan seluruh tahapan seleksi.

Sebanyak 10 nama yang diserahkan ke KPU Pusat itu adalah Marthin Bara Lay, Thomas Dohu, Muhammad Hatta Sina, James Welem Ratu, Yosafat Koli, Sisilia Prisca Tes, Lodiwik Roga, Redemptus Henry Dewanto Dao, Frasiskus Vincent Diaz, dan Hanna Mariana Baun.

Baca juga: DPRD desak KPU Pusat segera tuntaskan seleksi komisioner KPU NTT
Baca juga: Bawaslu : Komisioner KPU NTT Harus Segera Ditetapkan